5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa, Dijamin Nafas Lebih Segar

0
1234
5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa
5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Berkabar.com, 20 Maret 2023 – Selain menahan lapar dan nafsu, bau mulut adalah salah satu hal yang pasti akan dilalui orang yang sedang menunaikan ibadah puasa.

Bau mulut ini terjadi karena kurangnya asupan cairan dari dalam tubuh dan mengalami dehidrasi sehingga mulut menjadi lebih kering.

Top Mortar Semen Instan

Terdapat cara untuk mencegah bau mulut saat puasa yang bisa membuat nafas menjadi leboh segar meski tidak mendapatkan cairan yang cukup.

Makanan dan minuman tertentu yang dapat meningkatkan produksi bakteri di dalam mulut dan menyebabkan bau mulut, seperti bawang putih, alkohol, kopi, dan makanan pedas.

Sehingga saat Anda bersahur, ada baiknya untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung bahan seperti yang sudah disebutkan tadi.

5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

1. Kebersihan mulut

Menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi dua kali sehari dan membersihkan lidah. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan sikat gigi dengan lembut selama dua menit.

2. Menggunakan obat kumur

Menggunakan obat kumur yang mengandung bahan antibakteri untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut.

3. Hindari penyebab

Hindari makanan yang mengandung bau menyengat seperti bawang putih, bawang bombay, dan kopi. Sebaiknya ganti dengan makanan yang lebih segar seperti buah dan sayuran.

4. Berhenti merokok

Hindari merokok dan minuman beralkohol karena dapat menyebabkan bau mulut yang sangat kuat.

5. Vitamin C

Meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, kiwi, dan paprika. Vitamin C dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Jika aroma bau mulut masih terus menyengat meskipun sudah menjalani beberapa cara di atas ada baiknya untuk ke dokter gigi kepercayaan Anda.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi dan melakukan perawatan gigi yang diperlukan. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here