4 Cara Mengatasi Kesemutan Pada Kaki dan Tangan dengan Cepat

0
1425
4 Cara Mengatasi Kesemutan Pada Kaki dan Tangan dengan Cepat
4 Cara Mengatasi Kesemutan Pada Kaki dan Tangan dengan Cepat

Berkabar.com, 27 Maret 2023 – Kesemutan adalah sensasi mati rasa atau kebas pada bagian tubuh tertentu, seperti tangan, kaki, atau jari.

Biasanya kesemutan tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan mudah, sebab sensasi ini bisa hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Top Mortar Semen Instan

Namun, jika kesemutan sering terjadi atau terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Simak cara mengatasinya.

4 Cara Mengatasi Kesemutan Pada Kaki dan Tangan

1. Peregangan atau Senam Ringan

Peregangan atau senam ringan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan pada saraf.

Beberapa gerakan peregangan atau senam ringan yang bisa dilakukan seperti berjalan kaki, menggerakkan leher, menekuk lutut, atau meregangkan lengan dan kaki.

2. Ganti Posisi Duduk atau Berdiri

Jika kesemutan terjadi saat duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, maka sebaiknya ganti posisi duduk atau berdiri secara teratur.

Posisi duduk atau berdiri yang sama dalam waktu yang lama dapat menyebabkan tekanan pada saraf dan membuat kesemutan terjadi.

3. Hindari Tekanan Berlebihan pada Saraf

Hindari tekanan berlebihan pada saraf yang bisa menyebabkan kesemutan. Misalnya, jangan bersandar terlalu lama pada tangan.

Selain itu jangan memegang ponsel terlalu lama, atau jangan duduk dengan kaki disilangkan terlalu lama.

4. Lakukan Pijatan atau Terapi Komplementer

Pijatan atau terapi komplementer seperti akupunktur atau refleksiologi dapat membantu meredakan kesemutan. Terapi ini dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf dan meningkatkan sirkulasi darah.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki kesehatan saraf.

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12, vitamin E, dan asam folat juga dapat membantu meredakan kesemutan.

Ingat, penting untuk mengetahui penyebab kesemutan dan mengatasinya dengan tepat agar tidak berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih serius. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here