6 Makanan Pantangan untuk Penderita Vertigo, Simak agar Tidak Kambuh

0
1733
6 Makanan Pantangan untuk Penderita Vertigo
6 Makanan Pantangan untuk Penderita Vertigo (Foto: Pixabay/ TanerSoyler)

Berkabar.com, 30 Maret 2023 – Vertigo adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing atau berputar-putar bahkan ketika sedang dalam keadaan diam.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah keseimbangan pada telinga bagian dalam atau masalah pada sistem saraf.

Top Mortar Semen Instan

Bagi penderita vertigo, makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi intensitas dan frekuensi gejala vertigo yang dialami.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo:

6 Makanan Pantangan untuk Penderita Vertigo

1. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan yang tinggi lemak dapat memperburuk gejala vertigo. Lemak memperlambat pencernaan, sehingga meningkatkan risiko terjadinya rasa mual dan muntah pada penderita vertigo.

Beberapa contoh makanan yang tinggi lemak dan sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo adalah makanan cepat saji, makanan gorengan, makanan olahan, dan daging berlemak seperti daging sapi atau babi.

2. Makanan Berbahan Kimia Tinggi

Makanan yang mengandung bahan kimia seperti monosodium glutamat (MSG), natrium nitrit, dan aspartam sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo.

Bahan-bahan kimia tersebut dapat memicu gejala vertigo seperti sakit kepala, mual, dan pusing.

Beberapa contoh makanan yang mengandung bahan kimia tersebut adalah makanan kalengan, makanan instan, dan minuman bersoda

3. Makanan Manis Tinggi

Makanan yang tinggi gula juga sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo. Konsumsi gula yang berlebihan dapat memperburuk gejala vertigo, seperti rasa mual dan pusing.

Beberapa contoh makanan yang tinggi gula dan sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo adalah permen, kue, minuman bersoda, dan cokelat.

4. Makanan Berasam Tinggi

Makanan yang tinggi asam dapat memicu gejala vertigo pada beberapa orang. Beberapa contoh makanan yang tinggi asam dan sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo adalah jeruk, tomat, cuka, dan minuman beralkohol.

5. Makanan BerKafein Tinggi

Makanan dan minuman yang tinggi kafein sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo. Kafein dapat meningkatkan risiko terjadinya gejala vertigo seperti pusing dan mual.

Beberapa contoh makanan dan minuman yang tinggi kafein dan sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo adalah kopi, teh, minuman energi, dan cokelat.

6. Makanan Tinggi Natrium

Makanan yang tinggi natrium atau garam dapat menyebabkan retensi air dan menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang dapat memperburuk gejala vertigo.

Beberapa contoh makanan yang tinggi natrium dan sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo adalah makanan kalengan, makanan instan, daging asap, dan keju.

Setelah mengetahui pantangan makanan tersebut, Sebaiknya penderita vertigo memilih makanan sehat dan seimbang untuk membantu mengurangi gejala. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here