Alasan Tidak Perlu Takut Makan Ayam dan Telur Saat Flu Burung Muncul, Ini Kata Ahli

0
204
Alasan Tidak Perlu Takut Makan Ayam dan Telur Saat Flu Burung Muncul, Ini Kata Ahli
Alasan Tidak Perlu Takut Makan Ayam dan Telur Saat Flu Burung Muncul, Ini Kata Ahli (Foto: Pixabay/ Furbymama)

Berkabar.com, 3 Maret 2023 – Beberapa hari yang lalu, sebagian wilayah di Indonesia sedang dibuat resah dengn munculnya wabah flu burung.

Hal ini membuat banyak orang yang merasa takut memakan daging dan telur ayam ketika flu burung merebak.

Top Mortar Semen Instan

Namun menurut M. Th. Khrisdiana Putri yang merupakan Dokter hewan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), mengonsumsi telur ayam masih aman.

“Avian influenza ini meskipun disebut sebagai zoonotic, ini bukan foodborne disease, jadi bukan penyakit tular-makanan,” kata Khrisdiana dikutip dari Tempo pada Jumat, 3 Maret 2023.

Khrisdiana mengatakan mengkonsumsi telur saat terjadi wabah flu burung masih aman namun ada baiknya harus mencuci telur tersebut dengan menggunakan sabu dari air mengalir.

Proses mencucinya juga harus dilakukan tepat sesaat sebelum telur tersebut dimasak, hal ini dilakukan untuk menghindari feses yang masih menempel pada cangkang telur.

Masyarakat juga tak perlu khawatir makan daging unggas dan telurnya sebab para peternak di Indonesia umumnya sudah andal dalam mengawasi produk-produknya.

Sebab pada tahun 2003 lalu, para peternak sudah mendapat sebuah pelajaran yang sangat berharga ketiak wabah flu burung benar-benar merebak di Indonesia.

Hal ini pun membuat para peternak lebih sigap dan akan melakukan tindakan preventif agar hewan ternak mereka tetap sehat.

“Sehingga ini yang saya rasa menjadi jaminan kita bahwa apa yang beredar di pasar ini berasal dari hewan yang sehat. Jadi, jangan takut makan ayam dan juga telur,” saran Khrisdiana.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here