6 Pertolongan Pertama Luka Bakar Akibat Petasan, Lakukan Ini untuk Kurang Rasa Sakit

0
2061
Pertolongan Pertama Luka Bakar Akibat Petasan
Pertolongan Pertama Luka Bakar Akibat Petasan (Foto: Pexel/ Griffin Wooldridge)

Berkabar.com, 25 Maret 2023 – Saat memasuki bulan Ramadhan, anak-anak akan memiliki cara untuk menghabiskan waktu mereka salah satunya bermain dengan petasan.

Meskipun petasan adalah benda yang berbahaya namun mereka tidak bisa menahan sensasi keseruan yang muncul saat benda tersebut meledak.

Top Mortar Semen Instan

Cerita menyenangkan akan berubah ketika petasan tersebut menyebabkan luka bakar dan menimbulkan rasa sakit yang parah. Simak cara pertolongan pertamanya di sini.

Luka bakar akibat petasan dapat berbahaya dan memerlukan pertolongan pertama yang tepat untuk mencegah terjadinya infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

6 Pertolongan Pertama Luka Bakar Akibat Petasan

1. Dinginkan luka bakar dengan air mengalir

Segera setelah terjadi luka bakar, bilas area yang terkena dengan air mengalir selama 10-20 menit untuk membantu menurunkan suhu kulit dan mengurangi rasa sakit.

2. Tutupi luka bakar dengan kain kering dan bersih

Setelah dibilas dengan air, tutupi luka bakar dengan kain kering dan bersih untuk mencegah infeksi. Jangan menggunakan kapas atau kain yang menempel pada luka.

3. Oleskan salep antiseptik

Oleskan salep antiseptik atau obat-obatan seperti minyak kelapa atau aloe vera untuk membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan.

4. Minum obat penghilang rasa sakit

Bila rasa sakit terus berlanjut, minum obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen dapat membantu meredakan rasa sakit.

5. Jangan mencoba untuk memecahkan gelembung

Jangan mencoba untuk memecahkan gelembung yang terbentuk pada luka bakar karena dapat meningkatkan risiko infeksi.

6. Jangan menggunakan krim, minyak atau lotion

Jangan menggunakan krim, minyak atau lotion pada luka bakar karena dapat memperparah kondisi.

Jika luka bakar akibat petasan cukup serius atau meluas, segera hubungi tenaga medis atau ambulans untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here