6 Tips Puasa bagi Penderita Sakit Maag agar Aman dan Tetap Sehat

0
1396
8 Tips Puasa bagi Penderita Sakit Maag agar Aman dan Tetap Sehat
8 Tips Puasa bagi Penderita Sakit Maag agar Aman dan Tetap Sehat

Berkabar.com, 20 Maret 2023 – Puasa Ramadhan adalah ibadah yang diwajibkan untuk dijalankan umat muslim seluruh dunia bagi yang mampu.

Berpuasa selama bulan Ramadan bisa terasa berat bagi penderita sakit maag yang kerap dianjurkan untuk tidak melewatkan waktu makan.

Top Mortar Semen Instan

Tips ini penting untuk diterapkan agar ibadah puasa yang Anda jalani tetap lancar, nyaman, dan tidak menimbulkan keluhan sakit maag.

6 Tips Puasa bagi Penderita Sakit Maag

1. Makan sahur dengan makanan yang mudah dicerna dan rendah asam. Sebaiknya hindari makanan pedas, berlemak, atau berbahan dasar susu yang dapat memicu asam lambung.

2. Hindari minuman yang mengandung kafein dan berkarbonasi seperti kopi, teh, dan minuman bersoda, karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

3. Konsumsi makanan dalam porsi yang kecil dan sering. Makan dalam jumlah besar dapat memicu produksi asam lambung dan memperparah gejala maag.

4. Jangan makan terlalu cepat dan kunyah makanan dengan baik. Mengunyah makanan dengan baik dapat membantu mengurangi beban kerja pada sistem pencernaan dan mencegah gejala maag.

5. Usahakan untuk beristirahat setelah makan dan jangan tidur dalam waktu dua jam setelah makan. Tidur dengan perut kosong dapat memperburuk gejala maag.

6. Minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kelembaban tubuh dan mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat memperparah gejala maag.

Namun ada baiknya untuk tetap mengkonsultasikan kegiatan puasa ini dengan dokter agar dapat memberikan pengarahan sesuai dengan kondisi dari tubuh Anda. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here