Sri Sultan Hamengkubuwono X Soroti Erupsi Gunung Merapi: Akibat Tambang!

0
187
Sri Sultan Hamengkubuwono X Soroti Erupsi Gunung Merapi
Sri Sultan Hamengkubuwono X Soroti Erupsi Gunung Merapi

Berkabar.com, 12 Maret 2023 – Sri Sultan Hamengkubuwono X soroti Gunung Merapi yang mengalami erupsi pada Sabtu, 11 Maret 2023 lalu.

Menurut Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gunung Merapi tidak akan meletus seperti yang terjadi pada tahun 2010 lalu.

Top Mortar Semen Instan

Erupsi Gunung Merapi ini memiliki tujuan untuk memperbaiki dirinya sendiri yang rusak akibat adanya kegiatan tambang pasir yang ada disekitarnya.

“Merapi itu ya erupsi begitu saja. Enggak akan meletus seperti dulu, yang penting ngebaki (memenuhi) sik (yang) dirusak karena ditambang. Gitu saja,” kata Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Saat ini memang banyak ditemukan lubang yang ada di sekitar Gunung Merapi akibat kegiatan penambangan pasir yang tampak belum ada upaya penutupan.

Selain itu, Sri Sultan Hamengkubuwono X mencoba menenangkan masyarakat dengan memprediksi kapan erupsi akan berhenti.

Menurut Sri Sultan Hamengkubuwono X erupsi akan berhenti ketika lubang-lubang bekas penambangan pasir tersebut sudah terisi kembali.

“Nanti kalau yang berlobang-lobang itu sudah tertutup, kan berhenti sendiri. Memang itu perlu lama karena tidak hanya di atas, dan di bawah juga berlobang,” paparnya.

Atas kejadian ini, Sri Sultan Hamengkubuwono X mulai memikirkan lebih serius lagi terkait bekas penambangan yang ditinggalkan begitu saja hingga terbengkalai.

Rencananya, setelah tambang pasir ditutup, Sri Sultan Hamengkubuwono X akan mengubah kawasan tambang menjadi kawasan pertanian dan peternakan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here