Kemaru di Depan Mata, Trik dan Cara Mendinginkan Rumah Tanpa Bantuan AC

0
209
Trik dan Cara Mendinginkan Rumah Tanpa Bantuan AC
Trik dan Cara Mendinginkan Rumah Tanpa Bantuan AC

Berkabar.com, 12 Maret 2023 – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau tahun 2023 akan tiba lebih awal dari sebelumnya.

Sangking panasnya, rumah juga akan terasa lebih hangat dari biasanya dan keinginan memasang AC kadang terbesit di pikiran.

Top Mortar Semen Instan

Namun saat memasang AC perlu dipikirkan tenaga listrik di rumah dan harga dari unit tersebut. Simak trik dan cara mendinginkan rumah tanpa bantuan AC.

Terdapat beberapa cara untuk membuat rumah lebih dingin tanpa menggunakan AC, di antaranya:

Cara Mendinginkan Rumah Tanpa Bantuan AC

1. Gunakan penutup jendela dan tirai

Tutup jendela dan tirai pada siang hari untuk mencegah sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah dan memanaskan ruangan.

Gunakan bahan yang tebal dan berwarna terang untuk mengurangi panas dari luar.

2. Gunakan kipas angin

Kipas angin bisa membantu mengalirkan udara di dalam ruangan sehingga membuatnya lebih sejuk. Letakkan kipas di tempat yang strategis untuk menghasilkan aliran udara yang optimal.

3. Buat ventilasi yang baik

Pastikan rumah memiliki ventilasi yang baik untuk mengalirkan udara segar dari luar. Anda bisa memasang ventilasi pada bagian atas dan bawah rumah untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik.

4. Gunakan bahan bangunan yang tepat

Pilih bahan bangunan yang tepat, seperti keramik, marmer atau granit pada lantai dan dinding yang dapat menyerap panas dan membuat ruangan lebih dingin.

5. Tanam pohon

Tanam pohon atau tumbuhan di sekitar rumah. Pohon bisa memberikan keteduhan dan menyerap sinar matahari, sehingga membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

5. Kurangi penggunaan peralatan elektronik

Kurangi penggunaan peralatan elektronik yang dapat memanaskan ruangan, seperti oven, kompor atau mesin cuci. Matikan peralatan yang tidak digunakan untuk menghindari panas yang berlebihan.

6. Gunakan bahan isolasi

Isolasi pada atap dan dinding dapat membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah.

Anda bisa memasang bahan isolasi, seperti kaca khusus, insulasi polistirena, atau bahan isolasi lainnya untuk membuat ruangan lebih dingin.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Anda dapat membuat rumah menjadi lebih dingin tanpa perlu menggunakan AC. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here