5 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan Tanpa Obat, Bisa Dilakukan di Rumah Saja

0
164
5 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan Tanpa Obat, Bisa Dilakukan di Rumah Saja
5 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan Tanpa Obat, Bisa Dilakukan di Rumah Saja (Foto: Pixabay)

Berkabar.com, 18 Februari 2023 – Di saat kondisi cuaca sedang tidak menentu seperti sekarang, sakit tenggorokan terkadang tiba-tiba datang. Simak cara meredakan sakit tenggorokan tanpa obat.

Jika Anda ingin mengobati atau setidaknya mengurangi rasa sakit tenggorokan tanpa obat, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang pasti ada di rumah.

Top Mortar Semen Instan

Selain lebih murah dan mudah, hal ini juga lebih sehat karena menggunakan bahan-bahan alami sehingga penyembuhan lebih cepat di dapatkan.

Ketika sakit tenggorokan menyerang biasanya akan muncul sensasi rasa nyeri, gatal, dan iritasi. Rasa sakit biasanya bertambah parah saat Anda mencoba menelan makanan atau minuman.

Terdapat beberapa cara untuk membuat rasa sakit tenggorokan bisa menjadi lebih baik tanpa bantuan obat-obatan kimia, simak di bawah ini.

Cara Meredakan Sakit Tenggorokan Tanpa Obat

1. Berkumur air garam

Ini adalah cara yang sudah diketahui banyak orang karena air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi yang ada yang di tenggorokan.

Caranya sangat mudah larutkan 1/2 sdt garam dalam segelas air hangat. Campur dan coba berkumur dengan larutan tersebut.

2. Minum teh hangat

Dilansir dari lama Cleveland Clinic, minum teh hangat dapat memberikan rasa lega meskipun sebentar pada tenggorokan yang sedang sakit.

“Cairan membantu membersihkan selaput lendir, menjaga aliran dan mencegah infeksi sinus,” ujar dokter Daniel Allan

3. Mandi dengan air hangat

Saat mandi air hangat, jangan lupa menghirup uap udara yang keluar dari air hangat tersebut karena uap air hangat dapat melunturkan lendir di tenggorokan sehingga dapat meredakan rasa sakit tenggorokan.

4. Menggunakan madu

Madu disebut memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan mempercepat pemulihan.

Caranya sangat mudah, Anda cukup konsumsi 1 sdm madu dua kali sehari dapat membantu meredakan sakit tenggorokan namun cara ini tidak bisa diterapkan kepada bayi di bawah usia satu tahun.

5. Humidifier

Humidifier mengubah air menjadi uap dan melepaskannya ke udara. Cara ini dapat meningkatkan kelembaban udara di sebuah ruangan.Dalam beberapa kasus, cara ini dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan.

Demikian 5 cara yang dapat Anda lakukan di rumah untuk meredakan sakit tenggorokan tanpa obat-obatan kimia. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here