Viral! Nyeri Haid Hilang Setelah Menikah, Benarkah Demikian?

0
185
Viral! Nyeri Haid Hilang Setelah Menikah, Benarkah Demikian
Viral! Nyeri Haid Hilang Setelah Menikah, Benarkah Demikian

Berkabar.com, 17 Februari 2023 – Beberapa hari yang lalu viral sebuah video di TikTok yang mengatakan nyeri haid hilang setelah menikah, benarkah demikian? simak kata ahli di sini.

Dalam video sederhana tersebut terlihat seorang perempuan yang mengatakan ia selalu mengalami nyeri saat haid datang namun setelah menikah nyeri tersebut sudah tidak terasa lagi.

Top Mortar Semen Instan

Video tersebut pun akhirnya dibanjiri komentar, ada yang bercerita memiliki kisah yang sama ada pula yang membantah hal tersebut.

“Aku bangeet. setiap haid sulit jalan dan nyeri sampe migrain dan muntah2. pas periksa katanya kalo uda nikah bakal ilang sakitnya. kenapa ya,” tulis salah satu pengguna.

“Real bgt nih, aku waktu sebelum nikah tiap dateng bulan itu wajib minum obat nyeri. Sekarang udh nikah ilang bgtu saja,” komentar warganet lain.

Untuk mengetahui kebenaran dari nyeri haid yang hilang setelah menikah, dilansir dari Kompas dr Indra Adi Susanto selaku RSIA Anugerah Semarang memberikan jawaban dari fenomena viral itu.

Nyeri haid atau dismenore terjadi saat jaringan yang melapisi bagian dalam rahim mulai luruh sebagai persiapan untuk pendarahan bulanan.

“Saat menstruasi, rahim akan berkontraksi, sehingga suplai darah demikian juga oksigen dalam darah, ke rahim, terhambat,” kata Indra dikutip dari Kompas pada Sabtu, 17 Februari 2023.

Kemudian Indra juga mengatakan saat proses persalinan tubuh akan kehilangan beberapa tempat reseptor prostaglandin di dalam rahim.

Selain berperan dalam nyeri haid, hormon ini juga membantu mengarahkan rahim untuk berkontraksi selama persalinan.

“Dengan berkurangnya ekspresi reseptor prostaglandin (PG), maka E2 (isoform EP2) terjadi relaksasi,” papar Indra.

“Proses berkurang ekspresi ini saat melahirkan, maka nyeri haid juga pasti berkurang setelah melahirkan,” lanjutnya.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here