7 Hal Wajib Dilakukan Saat Gempa Terjadi, Tidak Cukup Bersembunyi di Bawah Meja

0
1641
7 Hal Wajib Dilakukan Saat Gempa Terjadi, Tidak Cukup Bersembunyi di Bawah Meja
7 Hal Wajib Dilakukan Saat Gempa Terjadi, Tidak Cukup Bersembunyi di Bawah Meja

Berkabar.com, 10 Februari 2023 – Pada awal tahun ini bencana gempa telah silih berganti dan yang paling parah adalah gempa yang mengguncang Turki dan Suriah pada Senin, 6 Februari 2023.

Saat gempa terjadi, acapkali orang-orang akan panik dan berusaha untuk meninggalkan ruangan namun ada yang harus Anda lakukan saat itu terjadi. Simak 7 hal wajib dilakukan saat gempa terjadi.

Top Mortar Semen Instan

Selama ini Anda pasti pernah mendengar jika terjadi gempa diharapkan langsung bersembunyi di bawah meja. Ternyata hal tersebut belumlah cukup.

Indonesia juga adalah salah satu negara yang paling sering diguncang oleh gempa karena berada di aliran Ring of Fire sehingga memiliki banyak gunung api.

Hal ini pun membuat Indonesia sangat rentang mengalami gempa karena adanya pergerakan aktif dari lempeng bumi. Gempa tidak bisa diprediksi sehingga Anda harus kapan pun siap berada di posisi kritis seperti ini.

Dilansir dari laman Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes, berikut ini adalah hal wajib dilakukan saat gempa terjadi.

7 Hal Wajib Dilakukan Saat Gempa Terjadi

  1. Melindungi kepala dengan menggunakan bantal atau helm, atau berdirilah di bawah pintu.
  2. Berlindung di bawah meja untuk menghindari dari benda-benda yang dimungkinkan akan jatuh seperti atap atau benda berbahaya lainnya.
  3. Bila keluar rumah, perhatikan kemungkinan pecahan kaca, genteng atau material lain. Tetap lindungi kepala anda dan segera menuju ke lapangan terbuka.
  4. Jangan berdiri di dekat tiang, pohon atau sumber listrik atau gedung yang mungkin roboh.
  5. Kenali bagian bangunan gedung atau rumah yang memiliki struktur kuat, seperti pada sudut bangunan untuk berlindung.
  6. Ikuti instruksi evakuasi dari pengelola, penjaga, atau petugas yang berwenang.
  7. Pilihlah menggunakan tangga darurat untuk melakukan evakuasi keluar bangunan. Apabila sedang berada di dalam elevator, tekan semua tombol atau gunakan interphone untuk melakukan panggilan kepada pengelola gedung

Demikian 7 hal wajib dilakukan saat gempa terjadi, pengetahuan adalah hal dasar yang harus dimiliki saat menghadapi krisis. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here