Ternyata Ini Alasan Rumah di Jepang Tahan Gempa Karena Hal ini, Canggih Banget

0
1278
Alasan Rumah di Jepang Tahan Gempa Karena Hal ini, Canggih Banget
Alasan Rumah di Jepang Tahan Gempa Karena Hal ini, Canggih Banget (Foto: Twitter @structurecity)

Berkabar.com, 10 Februari 2023 – Jepang adalah salah satu negara yang sering sekali mengalami gempa dan mereka juga sangat siap menghadapi bencana tersebut.

Ternyata terdapat alasan mengapa rumah di Jepang tahan dengan goncangan yang cukup kencang, hal ini dikarenakan mereka menggunakan sebuah teknologi yang sangat canggih.

Top Mortar Semen Instan

Menyadari daerahnya kerap dilanda oleh gempa, pemerintah Jepang selalu menggalakkan agar membuat bangunan atau rumah tinggal yang ramah dan tahan akan goncangan gempa.

Jepang adalah negara yang bisa dikatakan dekat dengan bencana bahkan salah satu nama bencana yang digunakan di seluruh dunia yaitu Tsunami berasal dari Jepang yang berarti “Ombak besar di pelabuhan”

Teknologi Canggih Rumah di Jepang Tahan Gempa

Salah satu yang membuat rumah di Jepang lebih tahan dengan gempa adalah mereka membuat rumah melayang ketika terjadi guncangan dari tanah.

Alat tersebut memiliki sensor getaran dan saat itu terjadi pemilik rumah dapat menekan kompresor dengan waktu singkat rumah tersebut akan terangkat setinggi 3 cm dari permukaan tanah

Untuk mengurangi goncangan, alat tersebut ditanam di dalam beton yang dipercaya tahan akan getaran gempa.

Setelah gempa berhenti, airbag yang berada bawah rumah tersebut akan mengempis dan mengembalikan rumah menapak pada tanah secara perlahan.

Teknologi yang sangat keren, semoga Indonesia bisa segera meniru dan mengaplikasinya di semua bangunan di negara yang rawan bencana ini.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here