7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi pada Tubuh yang Sering Disepelekan

0
204
7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi pada Tubuh yang Sering Disepelekan (Foto: Pexel/Kindle Media)
7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi pada Tubuh yang Sering Disepelekan (Foto: Pexel/Kindle Media)

Berkabar.com, 29 Januari 2023 – Kolesterol sering sekali muncul tanpa adanya gejala namun hal ini tidak boleh disepelekan. Simak 7 ciri-ciri dan gejala kolesterol tinggi pada tubuh.

Ciri-ciri dan gejala kolesterol tinggi pada tubuh bisa berbeda setiap individu namun hal ini yang sering muncul pada sebagian besar orang.

Top Mortar Semen Instan

Jika ciri-ciri dan gejala kolesterol tinggi pada tubuh dibiarkan saja dan terus melakukan pola hidup yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam resiko penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Sebenarnya kolesterol adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel membran, vitamin D dan beberapa hormon tertentu.

Namun sama seperti yang hal lainnya, jika kadar kolesterol ini tinggi dapat mengganggu kesehatan dan membahayakan jiwa seseorang.

7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi pada Tubuh

1. Nyeri pada dada

Kolesterol yang tinggi dapat menciptakan plak pada pembuluh darah jantung, jika ini terus menerus terjadi maka saluran jantung akan semakin menyempit dan butuh prosedur operasi untuk mengatasinya

2. Nyeri pada kaki

Tidak hanya pada dada, kolesterol tinggi juga bisa menciptakan penumpukan plak pada arteri kaki yang mengakibatkan gejala berupa nyeri kaki.

3. Sensasi kebas dan mati rasa pada kaki

Setelah menciptakan plak pada arteri kaki maka aliran darah yang membawa oksigen akan terhambat untuk memasuki area kaki.

Sehingga sensasi kesemutan dan kebas serta mati rasa pada kaki. Jika hal ini semakin parah kaki akan menjadi dingin, luka yang tidak segera sembuh dan kram.

4. Sesak nafas

Saat kolesterol jahat berkumpul pada arteri jantung maka akan menyebabkan aliran darah tidak lancar karena menyempit sehingga membuat orang tersebut akan merasa sesak nafas.

5. Kuku menguning

Darah beredar dengan lancar di seluruh tubuh juga akan mengakibatkan kuku memiliki garis-garis gelap di bawahnya yang biasanya searah dengan arah pertumbuhan kuku.

6. Leher terasa pegal

Saat kolesterol jahar berhasil membuat plak pada aliran darah maka sirkulasi darah ke area kepala juga akan terhambat sehingga muncul rasa pegal atau nyeri di punggung dan leher.

Demikian ciri-ciri dan gejala kolesterol tinggi pada tubuh yang harus Anda sadari segera agar tidak terlambat. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here