5 Gejala Awal Kanker Serviks, Kerap Terjadi namun Disepelekan

0
30
5 Gejala Awal Kanker Serviks, Kerap Terjadi namun Disepelekan
5 Gejala Awal Kanker Serviks, Kerap Terjadi namun Disepelekan (Foto: Pexel/ Sora Shimazaki)

BERKABAR.COM – Penyakit kanker serviks kerap menjadi pembunuh dalam diam wanita- di Indonesia. Simak 5 gejala awal kanker serviks yang sering disepelekan.

Dalam 5 gejala awal kanker serviks ini terlihat seperti masalah kesehatan biasa yang dialami oleh kebanyakan wanita.

Top Mortar Semen Instan

Namun 5 gejala awal kanker serviks memiliki rasa sakit yang lebih daripada sakit yang dihadapi perempuan kebanyakan.

Pada saat berada di stadium awal, kanker serviks akan berukuran kecil dan tidak lebih dari empat centimeter di daerah rahim.

Namun menurut Kementerian Kesehatan, kanker serviks berada di bagian terendah dari leher lahir dan jika semakin besar akan menonjol keluar vagina.

Sehingga ada baiknya, jika mendapatkan gejala-gejala awal seharusnya segera diketahui agar tidak terlambat.

5 Gejala Awal Kanker Serviks

1. Pendarahan setelah menopause

Saat wanita sudah mengalami menopause, wanita tidak akan mengalami menstruasi karena memang sudah berhenti.

Jika tiba-tiba terjadi pendarahan pada vagian setelah menopause bisa jadi salah satu gejala awal kanker serviks. Segera periksakan.

2. Keputihan tidak normal

Keputihan normal biasanya berwarna bening atau keputihan susu dan kadang berwarna kuning serta memiliki aroma yang khas namun tidak begitu kuat.

Namun jika ada yang mengalami keputihan dengan warga kehijauaan atau abu-abu dan baunya amis menyengat maka bisa jadi ini gejala awal kanker serviks.

3. Haid tidak teratur

Dilansir dari Cancer Centre, Beberapa wanita memiliki siklus haid yang tidak teratur seperti dua bulan sekali atau bahkan tiga bulan sekali.

Namun jika tiba-tiba haid keluar diwaktu yang bukan seharusnya bisa jadi itu pendarahan karena kanker serviks karena mirip dengan pendarahan haid.

4. Nyeri pinggul

Gejala kanker serviks stadium 1 terkadang juga menimbulkan nyeri panggul tanpa sebab jelas. Sensasi sakit ini seperti ditusuk benda tajam pada bagian perut bawah hingga bawah pusar.

5. Nyeri hebat saat berhubungan seks

Jika merasakan rasa nyeri saat berhubungan seks padahal sebelumnya tidak pernah sakit maka bisa itu gejala awal kanker serviks belum lagi jika nyeri juga diikuti dengan pendarahan.

Apabila mengalami rangkaian gejala seperti di sana, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan diagnosa yang lebih pasti. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here