Ternyata Utang Berbahaya untuk Kesehatan, Simak 4 Alasan Lengkapnya!

0
23
Ternyata Utang Berbahaya untuk Kesehatan, Simak 4 Alasan Lengkapnya
Ternyata Utang Berbahaya untuk Kesehatan, Simak 4 Alasan Lengkapnya (Foto: Pixabay/ Tumisu)

BERKABAR.COM – Pilihan untuk berhutang memang sering diambil oleh orang yang sedang dalam kondisi keuangan yang kurang baik. Ternyata utang berbahaya untuk kesehatan juga lho.

Terdapat 4 alasan yang membuat utang berbahaya untuk kesehatan. Pernah mendengar kalimat ‘Semua penyakit muncul dari pikiran’?

Top Mortar Semen Instan

Kalimat tersebut bisa menjadi gambar sederhana dari alasan yang membuat utang berbahaya untuk kesehatan.

Nyatanya utang memang sangat membebani diri baik secara mental maupun fisik, hal ini pula tak jarang juga berdampak pada kehidupan sosial seseorang.

Orang yang memiliki utang biasanya akan menekan dirinya untuk bekerja lebih keras agar utangnya dapat segera tertutup. Jika ini dilakukan secara berlebihan maka kesehatan juga akan berpengaruh.

4 Alasan Utang Berbahaya untuk Kesehatan

1. Tingkat Stres yang Tinggi

Dikutip dari The Health Foundation, seseorang yang memiliki utang sering merasa panik dan mengalami ketegangan dalam diri secara terus menerus sehingga hal ini berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik.

2. Turunnya Kekebalan Tubuh

Setelah tubuh mengalami stres yang berkepanjangan maka akan memproduksi zat kimia dalam tubuh yang membuat kekebalan tubuh menjadi lebih lemah sehingga tubuh menjadi rentan terpapar penyakit.

3. Darah Tinggi

Menurut penelitian dari Northwestern University menemukan bahwa orang dewasa berusia 24 hingga 32 tahun yang memiliki utang besar cenderung memiliki tekanan darah yang jauh lebih tinggi.

Darah tinggi ini bisa memunculkan penyakit berbahaya seperti stroke dan juga penyakit jantung.

4. Pemicu Depresi

Orang yang memiliki banyak pikiran sehingga sering mengalami gangguan tidur dan merasa selalu lelah saat bekerja. Hal ini pun bisa memicu depresi yang akan membuat orang tersebut kehilangan motivasi untuk melakukan apapun.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here