Apakah Mimpi Basah Siang Hari Membatalkan Puasa? Ini Kata Ulama

0
219
Apakah Mimpi Basah Siang Hari Membatalkan Puasa
Apakah Mimpi Basah Siang Hari Membatalkan Puasa

Berkabar.com, 28 Maret 2023 – Saat menjalankan puasa, ada beberapa hal yang harus dihindari agar puasa tetap dihitung sah, salah satunya adalah mimpi basah.

Mimpi basah merupakan kondisi saat seseorang mengalami ejakulasi pada saat tidur yang biasanya terjadi saat malam hari namun tidak menutup kemungkinan pada saat tidur siang.

Top Mortar Semen Instan

Hal ini pun menimbulkan pertanyaan, apakah mimpi basah saat siang hari bisa membatalkan puasa, simak kata ulama dalam artikel ini.

Dikutip dari Nu Online, menurut Syekh Nawawi dalam kitab Nihayatuz Zain, mimpi basah saat siang hari tidak akan membatalkan puasa jika diikuti dengan kegiatan onani.

Menurut Syekh Nawawi, puasa seorang muslim akan batal ketika keluar air mani saat melakukan kontak antar kuli atau benda lain dengan indra perasa.

Contohnya seperti mencium, menggenggam tangan atau alat kelamin ditempelkan pada sesuatu hingga keluar air mani puasanya sudah pasti akan batal.

Kemudian Syekh Ali Juma’ah juga mengatakan agar seorang muslim yang mengalami mimpi basah saat siang hari harus langsung segera mandi junub dan melanjutkan puasanya.

Dikarenakan puasanya masih dihitung sah maka orang tersebut tidak harus mengganti puasanya di kemudian hari.

Intinya, menurut para ulama mimpi basah tidak dapat membatalkan puasa. Hal ini dikarenakan mimpi basah terjadi tanpa disengaja atau tanpa ada niat untuk melakukan tindakan yang dapat membatalkan puasa.

Selain itu, penting juga untuk diingat bahwa menjaga pikiran dan hati dari hal-hal yang dapat memicu mimpi basah sangatlah penting.

Demikian jawaban dari hukum mimpobasa saat siang hari yang tidak akan membatalkan puasa. Tetap kendalikan pikiran agar tetap positif ya.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here