Mimpi Basah Sebelum Sahur, Apakah Boleh Berpuasa? Boleh Namun Sebaiknya Lakukan Ini

0
1667
Mimpi Basah Sebelum Sahur, Apakah Boleh Berpuasa
Mimpi Basah Sebelum Sahur, Apakah Boleh Berpuasa

Berkabar.com, 24 Maret 2023 – Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Namun terjadinya mimpi basah sesaat sebelum sahur adalah sesuatu yang ada di luar kendali sehingga muncul banyak pertanyaan terkait hal tersebut.

Top Mortar Semen Instan

Pada artikel ini, Anda akan menemukan jawaban terkait pertanyaan mimpi basah sebelum sahur apakah masih boleh untuk berpuasa?

Mimpi basah adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami ejakulasi saat sedang tidur. Mimpi basah biasanya terjadi pada pria yang sudah mencapai masa pubertas.

Dilansir dari laman Nu Online, seseorang yang mengalami mimpi basah sebelum sahur maka orang tersebut boleh melakukan sahur seperti biasanya.

Sebab najis yang disebabkan oleh mimpi basah atau yang disini akan disebut sebagai orang junub tidak dilarang untuk melakukan puasa.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Syekh Al-Qadli Abu Syuja’ dalam kitabnya, Matn al-Taqrib:

وَيَحْرُمُ عَلَى الْجُنُبِ خَمْسَةُ أَشْيَاءَ اّلصَّلَاةُ وَقِرَاءَةُ الْقُرْآنِ وَمَسُّ الْمُصْحَفِ وَحَمْلُهُ وَالطَّوَافُ وَالُّلبْثُ فِي الْمَسْجِدِ

Artinya: “Haram bagi orang junub lima hal: shalat, membaca Al-Qur’an, memegang dan membawa mushaf, thawaf, serta berdiam diri di masjid.”

Namun ada baiknya agar orang tersebut tetap melakukan mandi wajib karena masalah etika. Rasanya tidak terlalu pantas melakukan ibadah seperti sahur tapi masih memiliki hadas besar.

Jika waktu imsak atau berakhirnya sahur sudah dekat maka tidak masalah untuk mandi setelah sahur. Mandi wajiblah sebelum melakukan sholat subuh.

Demikian jawaban dari hukum mimpi basah sebelum sahur apakah masih boleh berpuasa atau tidak.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here