6 Alasan Mengapa Orang Sering Digigit Nyamuk, Salah Satunya Punya Golongan Darah Tertentu

0
174
6 Alasan Mengapa Orang Sering Digigit Nyamuk, Salah Satunya Punya Golongan Darah Tertentu
6 Alasan Mengapa Orang Sering Digigit Nyamuk, Salah Satunya Punya Golongan Darah Tertentu (Foto: Pexel)

Berkabar.com, 23 Februari 2023 – Bayangkan saat Anda sedang beristirahat tiba-tiba ada nyamuk lewat disekitar telinga, hal ini sudah cukup mengganggu belum lagi jika Anda sampai tergigit.

Ternyata terdapat beberapa alasan nyamuk sering menggigit orang, beberapa orang memang tidak sering digigit nyamuk namun ada yang sangat sering memiliki bentol akibat nyamuk.

Top Mortar Semen Instan

Memang ada orang yang lebih menarik untuk dijadikan sasaran bagi nyamuk. Ini terutama berhubungan dengan komponen darah dan aroma yang dikeluarkan tubuh seseorang.

Terdapat faktor genetik yang berjumlah 85 persen yang menjadi nyamuk doyan mengkonsumsi darah dari orang-orang ini.

6 Alasan Mengapa Orang Sering Digigit Nyamuk

1. Hamil

Orang hamil sering sekali menjadi sasaran gigitan nyamuk kanre saat hamil mereka akan mengeluarkan karbondioksida lebih banyak dari orang lain.

Selain itu, suhu tubuh ibu hamil biasanya sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang biasa. Hal ini mengundang nyamuk untuk menghampiri ibu hamil.

2. Kolesterol Tinggi

Bukan berarti saat Anda digigit nyamuk, Anda memiliki tingkat kolesterol yang tinggi dalam tubuh tapi bisa jadi Anda adalah orang yang lebih efisien dalam memproses kolesterol.

Tidak hanya kolesterol, mereka yang memiliki kadar steroid tinggi di permukaan kulit juga lebih menarik bagi nyamuk.

3. Asam Urat

Dilansir dari WebMD, menurut seorang entomologis atau ahli serangga dari Entomological Society of America yang bernama John Edman, PhD, nyamuk adalah hewan yang memiliki indra penciuman yang tajam.

Penderita asam urat memiliki kandungan yang bisa tercium oleh nyamuk sehingga menjadikannya favorit untuk disedot darahnya.

4. Memiliki ukuran tubuh lebih besar

Nyamuk dapat mencium karbondioksida yang kita hasilkan dari jarak 50 meter jauhnya melalui organ khusus yang disebut maxillary palp.

Nah orang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar biasanya mengeluarkan karbondioksida daripada orang rata-rata lainnya.

5. Baru selesai olahraga

Saat selesai berolahraga, seseorang akan lebih sering mengeluarkan karbondioksida pada tubuh mereka sehingga tidak heran kelenjar keringat juga menjadi tujuan utama nyamuk menggigit orang yang baru selesai olahraga.

6. Bergolongan darah O

Pada sebuah Journal of Medical Entomology pada tahun 2004 mengatakan bahwa nyamuk lebih sering menghampiri orang yang memiliki golongan darah O.

Namun hingga saat ini penelitian belum dibuktikan secara resmi tapi nyatanya nyamuk pasti mengerti golongan darah dari setiap mangsanya.

Nah itu tadi alasan dari mengapa orang tertentu sering mendapat gigitan dari nyamuk. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here