8 Kelebihan dan Kekurangan dari Lantai Beton, Adem tapi Bisa Berpotensi Ini

0
35
8 Kelebihan dan Kekurangan dari Lantai Beton
8 Kelebihan dan Kekurangan dari Lantai Beton

Berkabar.com, 19 Maret 2023 – Lantai beton adalah jenis lantai yang dibuat dari campuran semen, pasir, kerikil, dan air yang dicor menjadi satu kesatuan.

Sehingga lantai beton sering digunakan dalam konstruksi bangunan karena memiliki kekuatan yang baik dan tahan lama.

Top Mortar Semen Instan

Jika Anda tertarik untuk menggunakan bahan ini sebagai lantai, simak 8 kelebihan dan kekurangan dari lantai beton.

Proses pembuatan lantai beton dimulai dengan persiapan permukaan lantai yang akan dicor. Permukaan harus rata, kuat, dan bersih dari debu dan kotoran lainnya.

Setelah itu, dilakukan pemasangan bekisting sebagai penahan adukan beton. Adonan beton kemudian dicampurkan dan dicor ke dalam bekisting.

Adonan beton kemudian dicampurkan dan dicor ke dalam bekisting. Setelah adukan beton kering, bekisting dapat dibuka dan lantai beton siap digunakan.

8 Kelebihan dan Kekurangan dari Lantai Beton

Kelebihan menggunakan lantai beton

  • Tahan lama dan kuat: Lantai beton dapat bertahan selama bertahun-tahun dan mampu menahan beban yang berat, sehingga tidak perlu sering diganti.
  • Mudah dalam perawatan: Lantai beton dapat dibersihkan dengan mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus.
  • Cocok untuk area yang lembab: Lantai beton dapat tahan terhadap kelembaban, sehingga cocok digunakan di daerah yang memiliki kelembaban tinggi.
  • Dapat dicat atau dipoles: Lantai beton dapat dihias dengan berbagai warna atau tekstur, sehingga dapat disesuaikan dengan selera atau tema dekorasi rumah.

Kekurangan menggunakan lantai beton

  • Berpotensi dingin: Lantai beton dapat terasa dingin terutama di musim dingin, sehingga diperlukan pemanas tambahan atau karpet.
  • Kurang nyaman saat berjalan: Lantai beton tidak empuk seperti karpet atau kayu, sehingga dapat kurang nyaman saat berjalan atau berdiri dalam waktu lama.
  • Membutuhkan biaya yang cukup tinggi: Proses pembuatan lantai beton memerlukan biaya yang cukup tinggi, terutama jika ingin ditambahkan pola atau warna tertentu.
  • Sulit untuk diperbaiki: Jika terdapat kerusakan pada lantai beton, sulit untuk diperbaiki dan memerlukan biaya tambahan.

Secara keseluruhan, penggunaan lantai beton memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya di rumah.

Namun, jika dirawat dengan baik, lantai beton dapat menjadi pilihan yang tahan lama dan dapat memberikan sentuhan estetika yang menarik pada rumah Anda. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here