6 Cara Jitu Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan, Jangan Minum Ini Saat Berbuka dan Sahur

0
230
6 Cara Jitu Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan,
6 Cara Jitu Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan (Foto: Pexel)

Berkabar.com, 17 Maret 2023 – Saat momen ramadhan banyak orang yang merencanakan untuk diet untuk tampil lebih percaya diri saat lebaran datang.

Namun justru saat puasa dilakukan, berat badan malah meningkat karena adanya budaya ‘Balas dendam’ saat memasuki waktu berbuka.

Top Mortar Semen Instan

Ternyata terdapat cara jitu untuk diet sehat saat puasa ramadhan dengan cara tidak mengonsumsi minuman ini secara berlebihan.

Saat puasa ramadhan orang-orang akan menahan lapar dan dahaga dan ini dianggap akan membantu proses diet.

Memang bisa namun jika saat berbuka dan sahur mengonsumsi makan dan minum yang tepat dan tidak mengandung gula dan lemak yang tinggi.

6 Cara Jitu Diet Sehat Saat Puasa Ramadhan

1. Konsumsi makanan bergizi

Saat berbuka dan sahur, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Konsumsi juga makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat seperti kacang-kacangan, telur, dan daging tanpa lemak.

2. Hindari makanan berlemak dan berkalori tinggi

Saat berbuka dan sahur, hindari makanan yang berlemak dan berkalori tinggi seperti makanan gorengan, kue-kue, dan minuman manis.

Makanan tersebut dapat memperburuk kesehatan tubuh dan meningkatkan risiko kenaikan berat badan.

3. Konsumsi air putih yang cukup

Pastikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup selama bulan Ramadhan. Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu menghindari dehidrasi. Cara ini pun bisa dibagi saat berbuka puasa dan sahur.

4. Jangan melewatkan sarapan sahur

Sarapan sahur penting untuk memberikan energi bagi tubuh selama berpuasa. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan protein seperti roti gandum, oatmeal, telur, dan kacang-kacangan untuk membuat kenyang lebih lama.

5. Batasi konsumsi kafein dan gula

Konsumsi kafein dan gula dapat mempercepat proses dehidrasi. Batasi konsumsi kopi, teh, dan minuman bersoda yang mengandung kafein dan gula.

6. Perbanyak aktivitas fisik

Meskipun berpuasa, pastikan untuk tetap melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki, olahraga ringan, atau yoga.

Aktivitas fisik dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan membantu mengurangi risiko obesitas dan penyakit jantung.

Jika memiliki kondisi medis tertentu atau kebutuhan gizi yang berbeda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here