5 Amalan Nisfu Syaban Ini Bisa Buka Pintu Pengampunan dan Doa Diijabah

0
200
5 Amalan Nisfu Syaban Ini Bisa Buka Pintu Pengampunan dan Doa Diijabah
5 Amalan Nisfu Syaban Ini Bisa Buka Pintu Pengampunan dan Doa Diijabah

Berkabar.com, 7 Maret 2023 – Umat muslim di seluruh dunia disarakan untuk melakukan puasa dan beberapa amalan pada malam Nisfu Syaban.

Pada tahun 2023 hari ke-15 Nisfu Syaban akan jatuh pada Rabu, 8 Maret 2023 dan di hari tersebut ada baiknya memperbanyak ibadha.

Top Mortar Semen Instan

Hal ini dikarenakan pada malam tersebut, Allah akan memberikan pengampunan dan membuka 3000 pintu rahmatnya. Simak 7 amalan Nisfu Syaban yang bisa Anda lakukan.

Pada malam Nisfu Syaban tidak hanya dibuka pintu pengampunan namun juga Allah akan mengabulkan hajat baik yang diharapakan oleh umatnya.

Seusia dengan hadits riwayat Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman yang mengatakan malakikat akan ikut menyampaikan permohonan penghapusan dosa dan keinginan kepada Allah.

“Apabila tiba malam Nisfu Syaban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya.”

7 Amalan Nisfu Syaban

1. Baca doa Nisfu Syaban

اَللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِيْ، وَاكْتُبْنِيْ عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَــالَمِيْنَ

Artinya: Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat.

Tiada Tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku.

Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata-sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu,

‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauhulmahfuzh.’ Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT

2. Berpuasa

Menurut hadits riwayat Ibnu Majah dalam As-Sunan dan Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman mengungkapkan Rasulullah SAW juga menyarankan Muslim untuk berpuasa.

Puasa ini tidak diwajibkan dan hanya disunahkan sehingga tidak menyebabkan dosa jika tidak dilaksanakan.

3. Membaca yasin tiga kali

Membaca surat Yasin disarankan saat malam Nisfu Syaban sebanyak tiga kali kemudian diikuti dengan permintaan berupa keberkahan pada umur, harta, dan hajat-hajat baik lainnya.

4. Sholat sunah

Saat memasuki Nisfu Syaban ada baiknya umat muslim untuk memperbanyak sholat sunah seperti sholat hajat, sholat taubat, dan sholat tasbih.

5. Istighfar sebanyak-banyaknya

Tidak ada manusia yang luput dari dosa sehingga di sarakan pada malam Nisfu Syaban memperbanyak Istighfar untuk memohon ampun kepada Allah.

Demikian 5 amalan yang bisa dilakukan saat bulan Nisfu Syaban yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berkah dari Allah.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here