Waduh! Ini 5 Bahaya Minum Teh Berlebihan, Salah Satunya Ganggu Kehamilan

0
183
Waduh! Ini 5 Bahaya Minum Teh Berlebihan, Salah Satunya Ganggu Kehamilan
Waduh! Ini 5 Bahaya Minum Teh Berlebihan, Salah Satunya Ganggu Kehamilan (foto: Pixabay)

Berkabar.com, 21 Februari 2023 – Teh adalah salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang di seluruh di dunia. Meskipun banyak manfaatnya, ternyata minum teh secara berlebihan dapat mengundang bahaya dalam tubuh.

Dilansir dari International Journal of Environmental Research and Public Health, idealnya, seseorang mengonsumsi 1-2 cangkir teh setiap hari.

Top Mortar Semen Instan

Jika lebih dari itu dan dikonsumsi secara rutin maka hal ini dapat berdampak buruk pada tubuh yang salah satunya ada munculnya gangguan kehamilan.

Untuk konsumsi normal, biasanya, seseorang menerapkan konsumsi ideal tersebut pada pagi hari dan sore hari yang masing-masing hanya satu cangkir saja. Simak bahaya teh jika dikonsumsi secara berlebihan.

5 Bahaya Minum Teh Berlebihan

1. Mengganggu siklus tidur

Tidak hanya kopi, teh juga memiliki kandungan kafein yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak tentu akan mengganggu siklus tidur.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat menghambat produksi melatonin yang mengakibatkan kualitas tidur seseorang menjadi buruk.

2. Meningkatkan stres

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama bahwa teh memiliki kafein, Daun teh secara alami mengandung kafein yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan perasaan cemas, stres, dan gelisah.

3. Timbul rasa mual

Tanin dalam daun teh bertanggung jawab atas rasa teh yang memiliki rasa pahit, jika terlalu banyak tanin di dalam lambung dapat menyebabkan iritasi pada fungsi pencernaan sehingga muncul rasa mual.

4. Gangguan kehamilan

Kafein dalam teh dapat meningkatkan risiko komplikasi, seperti berat lahir bayi rendah dan keguguran.

Data tentang bahaya kafein selama kehamilan beragam dan masih belum ada kejelasan seberapa amannya mengonsumsi teh dengan kafein ketika hamil.

Namun, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa risiko komplikasi tetap relatif rendah, jika seseorang menjaga asupan kafein dalam teh selama satu hari di bawah 200-300 miligram.

5. Tubuh kurang bisa menyerap zat besi

Senyawa tanin dalam teh dapat mengikat zat besi dalam makanan tertentu sehingga membuatnya tidak tersedia untuk diserap dalam saluran pencernaan.

Jika seseorang memiliki kadar zat besi yang rendah, asupan teh berlebihan dapat memperburuk kondisi ini.

Demikian 5 bahaya minum teh jika dikonsumsi secara berlebihan, semua hal yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik jadi selalu batasi diri. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here