Penting! 4 Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan, Awas Jangan samapi Salah

0
1503
Penting! 4 Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan, Awas Jangan samapi Salah
Penting! 4 Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan, Awas Jangan samapi Salah

Berkabar.com, 8 Februari 2023 – Beberapa waktu yang lalu 510 mahasiswa Universitas Brawijaya dilaporkan keracunan makanan saat melakukan kegiatan berkemah, beruntung mereka segera diberikan perataan. Simak 4 pertolongan pertama saat keracunan makanan.

Keracunan makanan tidak pernah mengenal umur, semua orang bisa mengalami secara mendadak sehingga pengetahuan dasar tentang cara pertolongan pertama saat keracunan harus diketahui banyak orang.

Top Mortar Semen Instan

Penyebab dari keracunan bisa terjadi jika makanan atau minuman tersebut telah terpapar oleh bakteri, virus, parasit, dan racun yang dilepaskan oleh bakteri.

Gejala umum saat keracunan makanan terjadi adalah pusing, rasa tidak nyaman pada perut, mual hingga mengalami diare.

Jika pertolongan pertama saat keracunan makanan tidak dilakukan dengan benar, hal ini dapat membahayakan si penderita.

4 Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan

1. Muntah pada posisi duduk

Saat penderita keracunan tiba-tiba mengalami mual dan timbul keinginan untuk muntah, posisikan ia pada posisi duduk.

Hal ini agar muntah tidak masuk ke dalam saluran pernapasan dan membuat pasien sulit bernapas.

2. Tetap jaga hidrasi dalam tubuh

Jika rasa mual masih dialami oleh penderita, Anda bisa memberikan asupan air sedikit demi sedikit karena seusai muntah tubuh kehilangan banyak cairan.

Jus buah dan air kelapa juga bisa menjadi penawar keracunan makanan, karena dapat memulihkan kadar karbohidrat dan membantu mengatasi gejala kelemahan.

3. Jangan berikan makanan keras secara langsung

Hal ini harus Anda lakukan jika penderita mengalami keracunan yang cukup parah. Memberikan makanan berat akan membebani kerja perut yang masih lemah.

Pilih makanan yang mudah dicerna dan rendah serat agar tidak membebani saluran cerna. Contohnya, biskuit, pisang, bubur, oatmeal, kaldu ayam, kentang, dan roti putih.

Namun Anda harus menghindari memberikan susu, keju, krim, dan yoghurt. Singkirkan pula makanan berlemak, goreng, berbumbu, dan tinggi gula.

4. Berikan tablet karbon aktif

Dengan memberikan pasien tablet karbon aktif guna menyerap racun di dalam saluran cerna, Anda bisa menemukannya dengan mudah di Apotik terdekat

Jika gejala dari keracunan tidak hilang dalam waktu tiga hari, ada sebaiknya penderita segera di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lanjutan. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here