4 Cara Mengusir Hama dari Pohon Durian, Hama Penggerek Buah Hilang!

0
260
4 Cara Mengusir Hama dari Pohon Durian, Hama Penggerek Buah Hilang!
4 Cara Mengusir Hama dari Pohon Durian, Hama Penggerek Buah Hilang! (Foto: Pexel/ Hong Son)

Berkabar.com, 2 Februari 2023 – Bulan ini telah memasuki pohon durian mulai bisa dipetik namun bahaya hama masih mengintai. Simak 4 cara mengusir hama dari pohon durian salah satunya dari hama penggerek buah.

Cara mengusir hama dari pohon durian harus dilakukan dengan benar agar hama benar-benar hilang dan tidak kembali menghancurkan hasil panen.

Top Mortar Semen Instan

Terdapat empat hama yang sering mengganggu kesehatan dari pohon durian dan berikut ini cara mengusir hama dari pohon durian.

Dilansir dari Cybex Kementerian Pertanian pada kamis, 2 Februari 2023, ini adalah cara yang tepat mengatasi hama dari pohon durian.

4 Cara Mengusir Hama dari Pohon Durian

1. Mengusir lebah mini

Biasanya saat menjadi kepompong, lebah mini akan hidup menempel pada kulit keras buah durian, setelah menjadi lebah, ia akan memakan daun muda dari durian.

Cara mengendalikannya, semprotkan pestisida seperti Hostathion 40 EC, insektisida Supracide 40 EC dengan dosis 420 gram/liter, dan Temik 106.

2. Penggerek buah atau Gala-gala

Gala-gala ini sering sekali ditemukan melubangi dinding durian untuk meletakan larva-larva. Buah yang dimasuki oleh Gala-gala biasanya akan jatuh sebelum usianya matang untuk dipanen.

Cara pengendalian yang tepat adalah menyemprotkan insektisida seperti; Basudin, Sumithion 50 AC, Thiodan 35 EC, dengan dosis 2-3 cc/liter air.

3. Ulat penggerek bunga

Ulat penggerek bunga ini memiliki tampilan berwarna hijau dengan kepala berwarna merah coklat. Ulat ini akan menyerang bunga yang nantinya akan menjadi buah durian sehingga putik tadi akan rontok.

Pengendalian hama ini dilakukan dengan menyemprotkan Supracide 40 EC, Nuvacrom SWC, dan Perfekthion 400 EC.

4. Kutu loncat

Hama kutu loncat sering menyerang pucuk daun muda dan menghisap cairan pohon melalui tulang daun sehingga bunga tidak bisa berkembang dengan baik.

Tidak hanya itu saja, kutu loncat juga mengundang semut berdatangan karena carian daun yang bocor. Cara menyemprotkan insektisida Supracide 40 EC dengan dosis 100-150 gram/5 liter air.

Demikian cara mengusir hama dari pohon durian yang bisa Anda terapkan pada pohon durian di perkebunan Anda, semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here