Cara Membersihkan Rice Cooker, Penting Tapi Sering Dilupakan

0
219
Cara Membersihkan Rice Cooker
Cara Membersihkan Rice Cooker (Foto: Pixabay)

BERKABAR.COM – Rice cooker adalah barang yang wajib ada disetiap dapur masyarakat asia namun banyak yang masih belum mengetahui cara membersihkan rice cooker yang penting untuk dilakukan.

Padahal rice cooker harus bekerja setiap hari membuat nasi untuk mengisi energi anggota keluarga sehingga wajar jika harus dijaga kebersihannya. Simak cara membersihkan rice cooker dengan benar ini.

Top Mortar Semen Instan

Bahan dan cara membersihkan rice cooker ini juga sangat mudah dan tidak mahal sehingga kamu bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan teknisi

Bahan Membersihkan Rice Cooker

  • Air sabun hangat
  • Kain lap piring atau kain microfiber
  • Sikat atau sikat gigi bekas berbulu lembut
  • Cuka putih

Cara Membersihkan Rice Cooker

1. Cabut Kabel Listrik Rice Cooker

Kamu pasti tidak ingin tersengat listrik jadi cabut kabel dari rice cooker an tunggu sampai rice cooker benar-benar dingin.

Setelah itu kamu bisa melepaskan tutup, wadah uap, dan panci dari rice cooker.

2. Membersihkan Bagian Bawah Dalam Rice Cooker

Untuk membersihkan bagian dasar dari rice cooker, kamu buat menyeka bagian luar dengan kain yang lembab untuk menghilangkan remah nasi kering dan bekas maknanya.

3. Cuci Panci Nasi dan Tempat Uap Air Rice Cooker

Untuk membersihkan bagian ini, kamu cukup menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun guna menghilangkan noda.

Jika noda pada panci nasi sulit dihilangkan, kamu bisa menambahkan cairan cuka putih dicampur dengan air dan diamkan selama lima menit.

4. Membersihkan Tutup dan Bagian Lain Rice Cooker

Cuci lempengan pelindung tutup bagian dalam rice cooker dengan tangan menggunakan air sabun hangat dan lap hingga kering dengan kain bersih.

Setelah semua selesai dibersihkan, kamu bisa merangkainya kembali dan jangan lupa untuk membersihkan bagian luar dari rice cooker agar semakin kinclong. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here