Dilarang Menyapu Saat Imlek? 5 Larangan Ketika Perayaan Tahun Baru Imlek

0
29
5 Larangan Ketika Perayaan Tahun Baru Imlek
5 Larangan Ketika Perayaan Tahun Baru Imlek (Foto: Pixabay)

BERKABAR.COM – Ternyata terdapat beberapa kegiatan yang dilarang dilakukan merayakan Imlek. Simak 5 larangan ketika perayaan Imlek.

Salah satu larangan ketika perayaan tahun baru Imlek ini adalah dilarang menyapu ruangan sepanjang masa sampai tanggal 5.

Top Mortar Semen Instan

Larangan ketika perayaan tahun baru Imlek ini diterapkan bukan tanpa alasan namun memiliki filosofi dan arti yang cukup penting untuk diperhatikan.

Selain larangan menyapu, terdapat larang-larangan lainnya yang harus diterapkan agar berkat dari tahun baru Imlek tidak menghilang.

5 Larangan Ketika Perayaan Tahun Baru Imlek

1. Larangan Mandi saat Imlek

Larangan mandi ketika perayaan Imlek ini dilakukan sampai tanggal 5. Ha lini dilakukan agar keberuntungan yang sudah menempel tidak akan hilang bersama gugurnya air.

2. Menjahit

Hal berikutnya yang dilarang adalah menjahit ketika perayaan Imelek karena dapat mengundang hal-hal yang tidak diinginkan seperti memburuknya kondisi ekonomi pada tahun tersebut.

3. Menangis

Menjadi murung bahkan menangis adalah sebuah larangan yang ada dalam perayaan tahun baru Imlek khususnya pada anak-anak.

Anak yang menangis ketika perayaan dipercaya membawa hal buruk bagi keluarga sehingga sebisa mungkin keluarga menjaga agar sang anak tidak dekat dengan hal-hal yang menyebabkan tangisan.

4. Menyapu dan Membuang Sampah

Saat menjelang perayaan Imlek, rumah orang-orang Tionghoa pasti akan bersih karena sebelumnya mereka telah membersihkan semuanya.

Hal ini dikarenakan adanya larangan menyapu dan membuang sampah sepanjang perayaan tahun baru Imlek karena dipercaya itu seperti membuang rezeki dari keluarga.

5. Mencuci

Orang Tionghoa tidak mencuci baju pada hari pertama dan kedua Imlek. Sebab, kedua hari tersebut dirayakan sebagai hari ulang tahun Shui Shen atau Dewa Air.

Demikian 5 larangan ketika perayaan tahun baru Imlek, pastikan untuk tidak melanggarnya ya. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here