Tren Warna Hunian 2019; Dominasi Pastel dan Natural Masih Belanjut

0
20

Elemen warna lembut dan hangat masih digemari banyak orang untuk menghiasi interior ruangan, khususnya bagi kaum milenial. Majalah properti Indonesia (MPI) edisi Desember membahas tema ini secara lengkap.

Pemilihan warna cat pada interior hunian, penting dalam membentuk mood dan karakter si penghuninya. Berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang yang secara tidak langsung akan memengaruhi tubuh, pikiran, emosi dan keseimbangan ketiganya pada diri manusia.

Pengaplikasian warna pada ruangan tidak hanya melulu dilakukan pada dinding semata, namun juga bisa digunakan pada eksterior, lantai, langit-langit, plafon, kursi dan meja, vas bunga, tempat tidur, dapur, kamar mandi, serta perabotan lainnya.

Pada tahun 2018, paduan warna-warna hangat, gelap, dan terang menjadi favorit banyak orang. Warna-warna retro yang dipadukan dengan kesan modern tersebut umumnya diaplikasikan pada hunian minimalis atau mewah, seperti biru, ungu, merah, hijau, abu-abu, dan warna pastel.

Agar lebih maksimal, warna warna tersebut umumnya dikombinasikan dengan warna lain sehingga tampil elegan dan menarik perhatian Misalnya saja, paduan warna dasar kuning seperti bunga marigold dengan warna-warna gelap seperti biru, hijau, coklat, atau hitam menghasilkan nuansa retro.

Warna-warna pastel seperti merah muda, biru muda, dan krem membuat desain interior terlihat lembut dan cantik. Warna berkarakter ini juga bisa dipadukan dengan warna kuat seperti biru atau hijau sehingga konsep pop yang ceria dan modern membuat hunian Anda semakin ciamik.

Selain warna retro dan pastel, warna merah juga cukup diminati sepanjang tahun 2018. Warna yang memberikan kesan energi kuat, berani, gaya dan semangat ini membuat interior lebih hidup. Merah juga memberi dampak yang ceria dan meriah bagi penghuni. Warna ini dapat dipadukan dengan warna lain seperti putih, hitam, atau coklat.

Prediksi 2019

Kepopuleran warna pastel di tahun ini bisa dipastikan masih berlanjut pada 2019 mendatang. Elemen warna lembut dan hangat masih digemari khususnya bagi kaum milenial. Selain itu elemen biru, hijau, dan warna berani seperti merah akan hadir menghiasi interior. Warna-warna netral seperti ini bisa dikombinasi dengan warna lain.

Ruangan dengan warna hitam masih dihindari para penghuni karena kesannya membuat ruangan menjadi gelap. Begitu pula dengan warna putih yang identik dengan warna ruangan rumah sakit. Tapi jika dikombinasikan, keduanya menampilkan interior dengan kesan elegan.

Selanjutnya adalah warna oceanside, Warna yang mengandung elemen air (Aqua) seperti biru dan hijau diprediksi juga akan menjadi favorit di 2019 karena memberi kesan ruangan seperti ada di lautan. Selain itu warna biru dan abu-abu atau smokey blue yang hangat juga cocok dan membuat penghuni dapat relaksasi. Warna biru juga masih menjadi primadona, diantaranya biru dongker atau navy blue. Warna gelap ini sangat cocok dikombinasikan dengan warna apa saja, warna pastel maupun warna terang seperti kuning atau putih.

Saat ini, beberapa perusahaan cat telah mengeluarkan prediksi warnanya masing-masing. Seperti produsen Jotun (Norwegia) yang sudah menerbitkan kumpulan warna baru untuk tahun 2019 bertema “identitas” yang mengeksplorasi warna yang menjadi ciri dan gaya hidup kota-kota modern di seluruh dunia. Jotun membaginya menjadi tiga tema, diantaranya Calm, Refined, dan Raw. Pilihan warna Calm terdiri dari warna pastel seperti merah muda, peach, abu-abu, dan coklat. Refined terdiri dari warna hijau dan kuning. Terakhir adalah Calm, terdiri dari warna gelap yang netral seperti merah.

Produk cat Dulux yang diproduksi oleh AkzoNobel juga telah menerbitkan warna yang dipercaya akan menjadi trend di tahun 2019 diantaranya adalah Wholeself, Repair, Legacy, dan Identity. Wholeself terdiri dari Millennial Pink dengan kesan lembut, feminin, dan seperti di alam yang tenang. Dapat dikombinasikan dengan abu-abu sehingga terlihat sedikit redup dan tenang pada interior, atau dengan sentuhan emas dapat terlihat glamor.

Repair menunjukkan warna-warna bumi yang natural, kaya dengan warna hijau seperti pepohonan, coklat seperti kayu, kuning, krem, dan putih. Warna ini dapat menumbuhkan inspirasi dan perasaan segar. Manajer Dulux colour planning and communications, Andrea Lucena-Orr, mengatakan bahwa Repair adalah palet warna 2019 yang ia suka. Kombinasi sedikit off-beat dan vintage memberikan suasana hangat, terjaganya suasana hati di dalam ruangan, dan menciptakan latar belakang yang sempurna.

Legacy menampilkan warna yang elegan, mewah, tetapi mengandung unsur bumi. Legacy dirancang unik dengan warna-warna ungu, cyan (aqua), coklat kemerahan (russet) pada furnitur atau perabotan klasik, dengan warna dasar dinding coklat dan merah muda.

Adapun, identity mengaplikasikan warna-warna mencolok dengan bebas dan menyenangkan sehingga membuat kesan ceria, awet muda, dan acuan kuat dari desain tahun 80an seperti Memphis. Tampilan mencolok dari wana biru, oranye atau citrus, dan ungu yang akan membuat dekorasi hunian menjadi menyenangkan. Lucena-Orr juga mengatakan warna-warna ini mendorong Anda untuk berani dan berkesperimen dengan tampilan unik pada rumah.

Shio berdasarkan tahun juga turut mempengaruhi warna pada hunian. Tahun 2019 disebut tahunnya babi yang berunsur tanah (bumi). Babi tanah mencerminkan sosok yang tenang dan periang. Warna coklat, hijau, dan biru yang mengandung unsur bumi cocok dengan shio Babi karena memberikan kesan yang tenang. Warna pastel dan warna mencolok juga membuat semangat pada hunian sehingga menciptakan suasana yang harmonis.

Berita sebelumyaPenjelasan Jual Beli Freeport dari Mantan Karyawan PTFI
Berita berikutnyaRp 3,4 Miliar Untuk Bagi-Bagi Kemenpora dan KONI