Ikuti 212, Ribuan Orang Malaysia Hadiri 812

0
19

Semangat jutaan umat yang tergabung dalam Aksi 212 menginspirasi ribuan masyarakat Malaysia melakukan hal yang sama pada Sabtu 8 Desember 2018.
Ribuan orang Malaysia berkumpul di jalan-jalan ibu kota Kuala Lumpur dan melakukan unjuk rasa penolakan diskrimasi ras.

Aksi yang dilakukan untuk menentang Konvensi Internasional tentang Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Rasial atau International Convention on the Elimination of All Forms of Racial Discrimination (ICERD).

Aksi itu diselenggarakan oleh kelompok muslim Melayu bersama dengan Partai Islam Malaysia (PAS) dan United Malays National Organisation (Umno).

Panitia menyatakan jika sebanyak 500 ribu partisipan bergabung untuk mengikuti acara yang dipusatkan di Dataran Merdeka, Sabtu (8/12/2018).

Aksi tersebut juga diketahui merupakan ucapan terimakasih kepada pemerintah Malaysia yang tidak meratifikasi ICERD yang digagas oleh PBB.

Unjuk rasa tersebut berlangsung di Jalan Raja mulai pukul 14.00 sampai dengan 18.00 waktu Malaysia.

Untuk memberikan fasilitas kepada rakyat yang melakukan aksi, pihak kepolisian setempat juga telah menutup enam ruas jalan di wilayah Kuala Lumpur.

Hal menarik yang disoroti dari aksi 812 di Malaysia tersebut yakni aksi demonstrasi dimulai secara damai dan juga berakhir damai, tanpa ada insiden yang merugikan.

Beberapa tokoh pollitik juga turut hadir dalam aksi 812 di antaranya Presiden Umno, Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi, mantan perdana menteri Datuk Seri Najib Razak, Presiden PAS Datuk Seri Abdul Hadi Awang, dan wakil presiden PAS Tuan Ibrahim Tuan Man.

Berita sebelumyaLagi, Sekarung e-KTP Ditemukan Tercecer
Berita berikutnyaHari Antikorupsi Sedinia, Sudirman Said: Korupsi Gawat Darurat