Dengan Mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Jokowi Lepas Kirab Santri

0
9
Foto: Tempo.co

Capres dan Cawapres nomor urut 1 menghadiri kegiatan kirab dan jalan sehat bersama santri di Sidoarjo, Jawa Timur. Jokowi tampak mengenakan peci watna hitam, baju koko putih dan kain sarung cokelatdalam acara yang mengangakt tema 1 Juta Kirab Santri.

Kehadiran Jokowi disambut beberapa ulama dan kiai. Di lokasi acara sudah hadir Ketua MUI non aktif yang juga calon wapres pendamping Jokowi, Ma’ruf Amin.

Tak lama setelah tiba, Jokowi langsung memegang bendera lomba motif kotak-kotak hitam putih. Jokowi kemudian mengangkat bendera dan meresmikan kegiatan kirab dan jalan sehat tersebut.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kirab Santri dan Jalan Sehat Sahabat Santri pagi hari ini saya nyatakan diberangkatkan,” ucap Jokowi seraya mengangkat bendera tersebut.

Usai melepas kirab santri, Presiden akan melanjutkan perjalanan ke Sumenep dengan menggunakan pesawat TNI AU guna menghadiri Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN (FKMA) 2018.

Acara tahunan ini bakal digelar di Sumenep, Madura pada 27-31 Oktober 2018. Penyelenggaraan FKMA ini didahului road show di lima Keraton, yakni Solo, Medan, Mempawah, Ternate, dan Denpasar.

Acara yang tahun lalu diselenggarakan di Bandung ini bertujuan menjaga silaturahmi antarkeraton serta meningkatkan peran sebagai warisan budaya bangsa. Tahun ini, FKMA bakal lebih meriah karena menonjolkan unsur pariwisata sebagai upaya mempromosikan Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia.

Hadir juga menemani Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri KH Ma’ruf Amin Wury Estu Handayani. Selain itu tampak hadir beberapa menteri di antaranya Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Pendidikan dan Menristekdikti M Nasir. Hadir juga Sekretaris Kebinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Berita sebelumyaPembawa Bendera Tersangka, Ketiga Pembakar Bendera Tauhid Bebas
Berita berikutnya28 Ucapan Sumpah Pemuda Kekinian