Suap Meikarta, Bupati Bekasi dan Bos Lippo Group Tersangka Tapi Belum Ditahan

0
23

Enam dari 9 orang tersangka dalam kasus suap proyek Meikarta telah ditahan KPK. Kasus suap Meikarta pada Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin ini telah menjebloskan 6 orang tersangka dalam bui dari 9 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Enam orang di antaranya Fitra Djaja Purnama (konsultan Lippo Group), Dewi Tisnawati (Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi), Henry Jasmen (pegawai Lippo Group), Sahat MBJ Nahor (Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi), Taryadi (konsultan Lippo Group). Jamaludin (Kadis PUPR Bekasi).

“Terhadap sejumlah tersangka di kasus dugaan suap terkait proses perizinan Meikarta dilakukan penahanan 20 hari pertama,” kata Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah, kepada wartawan, Selasa (16/10).

Sementara itu, Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin, Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro dan Neneng Rahmi, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi masih berstatus tersangka namun belum dilakukan penahanan.

Para tersangka yang berasal dari dari jajaran Pemkab Bekasi diduga menerima uang Rp 7 miliar terkait perizinan proyek Meikarta. Uang itu merupakan bagian dari commitment fee fase pertama senilai Rp 13 miliar.

Temuan ini berkat Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK \di Bekasi dan Surabaya Minggu (14/9) hingga Senin (15/9) dini hari. Dari OTT tersebut,

Berita sebelumyaYeey, UMP dan UMK Naik 8.03%
Berita berikutnyaGelar Pesta Pernikahan di SPBU, Pertamina Stop Pasokan BBM