Sudirman-Thamrin Terpasang CCTV, Uji Coba e-Tilang Dimulai

0
21
Foto moneysmart.id

Guna menertibkan pengguna kendaraan bermotor, Kepolisian mulai melakukan uji coba e-tilang muali 1 Oktober 2018. Uji coba e-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) dilakukan di kawasan Sudirman-Thamrin. Setidkanya ada dua kamera CCTV yang disiapkan.”Baru dua CCTV yang terpasang,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf.

Selama masa uji coba ini, Polri belum akan melakukan penindakan. Uji coba dilakukan untuk menajamkan aturan tentang CCTV dan sosialisasi kepada masyarakat. “Belum (ada penindakan). (Untuk sosialisasi) nanti juga pelang pemberitahuan bahwa Anda memasuki kawasan CCTV,” jelasnya.

Yusuf mengimbau masyarakat memperbarui data diri ke Samsat mulai hari ini. Hal ini untuk memudahkan polisi mengirimkan surat tilang atau pelanggaran.

“Mulai 1 Oktober 2018, setiap pemilik kendaraan bisa meregistrasinya, ini yang kita lagi proses juga supaya cepat kalau untuk mengirimkan surat tilangnya nanti. Konfirmasi tidak perlu dikirim ke alamat rumah tapi ke alamat e-mail saja. Kan lebih cepat sampai. Inilah dalam proses itu. Ini dalam proses semua tapi headline sudah bisa jalan,” ucap Yusuf.

Nantinya, jika ada pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas maka secara otomatis kamera-kamera terpasang akan mengcapture dan mengirimkannya ke petugas kepolisian yang berada di kantor. Setelah itu, petugas mencocokkan pelat nomor kendaraan dengan pemilik kendaraan.

“Pelanggar itu nanti langsung tercapture, otomatis. Kemudian capture itu langsung masuk ke database kita yang ada di back office. Kemudian dari itu, kita verifikasi. Ada empat orang yang verifikasi, apakah gambar ini masuk dalam kategori melanggar atau tidak,” ujar Yusuf.

Berita sebelumyaPrabowo Dukung Pemerintah Berikan Bantuan Korban Gempa dan Tsunami
Berita berikutnyaViral Video Dokter Minta Tolong Evakulasi Korban Gempa yang Mulai Membusuk