Kapolri: Asian Games 2018 bisa Terganggu oleh Tiga Jenis Masalah

0
114
uasana "Road to Asian Games 2018” yang diselenggarakan di Hotel Le Meridien, Rabu (2/5) (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Asian Games 2018 akan dihelat 3 bulan lagi pada 18 Agustus 2018. Namun, gaung atau gema perayaan olahraga bergengsi ini dinilai belum semarak di tengah masyarakat. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menuturkan bahwa pelaksanaan Asian Games 2018 justru berpotensi terganggu oleh tiga jenis masalah.

Pertama adalah kemungkinan munculnya protes dari masyarakat Indonesia terhadap peserta. “Misalnya kontingen Myanmar karena adanya masalah Rohingya, atau terorisme, lalu isu Filipina dan Timur Tengah,” kata Tito.

Masalah kedua adalah street crime, yakni terkait copet, jambret dan premanisme. Walau demikian, Tito menegaskan hal itu sudah siap diantisipasi oleh jajaran keamanan. “Kami tak menganggap enteng, tetap waspada, meskipun sudah berpengalaman dalam event sebesar ini,” jelas Tito.

Masalah ketiga adalah kemacetan Jakarta, mengingat adanya venue yang terpisah seperti di Depok dan Taman Mini Indonesia Indah. “Ini akan lebih mudah jika anak sekolah diliburkan, bisa mengurangi 20 persen kemacetan,” ungkap Tito.

Tito juga merasa, momen Asian Games 2018 semestinya bisa menjadi cara untuk mempersatukan bangsa yang terpecah akibat polarisasi politik. Dia kemudian membandingkan dengan kampanye Olimpiade Tokyo 2020.

“Saat ini atau tiga tahun sebelum Olimpiade Tokyo tahun 2020, masyarakat di seluruh Jepang sudah mulai demam Olimpiade, sedangkan kita tinggal 3 bulan lagi Asian Games masih adem ayem, bagaimana caranya mendemamkan ini di hati masayarakat,” ujar Tito.

Menurutnya, saat ini justru orang lebuh senang ribut soal politik menjelang pelaksanaan Pemilu 2019. “Ya politik memang penting, tapi Asian Games 2018 juga penting untuk menguatkan rasa nasionalisme bangsa,” katanya. (ika/Marieska)

Sumber: Jawapos.com

Berita sebelumyaPol Espargaro Resmi Perpanjang Kontrak di Tim KTM
Berita berikutnyaSeksi Tak Harus Buka-Bukaan Baju, Begini Jurus Ampuh Lumpuhkan Pria