Lorenzo Tuding Rossi Contek Latihan dan Setelan Motornya

0
145
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo saat masih sama-sama memperkuat Yamaha. [AFP/Karim Jaafar]

Jorge Lorenzo menuding mantan rekan setimnya Valentino Rossi mencontek latihan dan setelan motornya saat masih sama-sama di Yamaha

Tuduhan tersebut dituangkan dalam tulisan oleh pebalap asal Spanyol itu dalam bukunya yang berjudul “What I Learnt before 30”.

Lorenzo menyebut peristiwa itu terjadi saat Rossi kembali ke Yamaha pada 2013, setelah dua musim gagal bersinar bersama Ducati.

Duet pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi [AFP/Jose Jordan]

“Rossi baru saja kembali ke Yamaha, dia ingin meningkatkan prestasinya–setelah dua musim yang buruk di Ducati,” tulis Lorenzo dalam bukunya, dikutip dari¬†Marca, Sabtu (28/4/2018).

“Saya menyadari bahwa pelatih kebugaran saya, Antonio Casciani, bertemu dengan Rossi dan pelatihnya di Tavullia, dia (Antonio) menjelaskan cara saya berlatih,” lanjutnya.

“Saya memutuskan memecat Antonio. Valentino mulai berlatih dengan motor yang identik dengan yang saya gunakan di Grenoble, melakukan jenis latihan yang sama.”

“Kebetulan atau tidak, (setelah itu) Rossi mulai menjadi lebih kompetitif,” Lorenzo menambahkan.

Duo Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo (depan) dan Valentino Rossi [AFP/Giuseppe Cacace]

Tidak hanya itu, Lorenzo juga menuding Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli, telah membocorkan data setelan motornya kepada Rossi.

“Saya berbicara kepada Maio–sapaan Meregalli–, saya bisa menerima bahwa mereka menyontek setelan motor saya tiap sebelum balapan, tapi terlalu banyak yang dicontek,” kata Lorenzo.

“Lalu saya memutuskan untuk berhenti menghadiri pertemuan teknis setelah setiap sesi latihan. Saya menduga Meregalli mengatakan segalanya kepada tim Rossi dan itu tidak bagus buat saya,” sambungnya.

“Anda tidak bisa memberikan keuntungan bagi pebalap lain dan membiarkan mereka menyontekmu,” pungkas Lorenzo.

Lorenzo pertama kali bertandem dengan Rossi pada 2008 setelah memutuskan naik ke kelas MotoGP usai menjadi juara dunia kelas 250cc di tahun 2007.

Valentino Rossi saat memperkuat tim Ducati. [AFP/Jose Jordan]

Di tahun 2011, Rossi memutuskan menerima tantangan di Ducati, dan Lorenzo berpartner dengan pebalap Amerika Serikat, Ben Spies.

Setelah dua musim yang penuh lika-liku di Ducati, Rossi balik ke Yamaha di tahun 2013.

Di tahun 2017, Lorenzo memutuskan tak lagi bertandem dengan Rossi di Yamaha, dan bergabung ke Ducati.

Sumber: Suara.com

Berita sebelumyaVettel Lebih Difavoritkan Jadi Juara Dunia F1, Raikkonen Cemburu?
Berita berikutnyaKalahkan Tuan Rumah, Owi / Butet: Mereka Buntu Mau Main Bagaimana