Hukuman Penjara untuk Messi Harus Dilakukan

0
251

Pemain sepak bola Barcelona Lionel Messi diadili bersama ayahnya Jorge Horacio Messi dalam persidangan mereka karena penipuan pajak di Barcelona (Juni 2016). Messi dan ayahnya Jorge dinyatakan bersalah melakukan penipuan pajak pada 2016.

Sebuah hukuman 21 bulan penjara yang dijatuhkan tahun lalu kepada pemain sepak bola Barcelona dan Argentina Lionel Messi telah dikonfirmasi oleh Mahkamah Agung Spanyol, namun dia tidak mungkin dipenjara.

Messi dan ayahnya Jorge, yang mengelola keuangannya, keduanya dipidana pada tahun 2016 karena menipu pajak Spanyol sebesar ‚ā¨ 4.1m ($ 3.5m; $ 4,6 juta). Masa jabatan Jorge Messi dikurangi karena dia membayar sebagian pajaknya.

Di Spanyol, hukuman penjara di bawah dua tahun dapat dilayani dalam masa percobaan. Kasus ini sekarang akan kembali ke pengadilan di Barcelona. Kedua pria tersebut pada awalnya dihukum karena tiga tuduhan kecurangan, karena menggunakan havens pajak di Belize dan Uruguay antara 2007 dan 2009, dan juga diberi denda berat.

Mereka terbukti bersalah beralih ke perusahaan fiktif untuk hak gambar Lionel Messi. Masa hukuman Jorge Messi dikurangi dari 21 bulan menjadi 15 oleh Mahkamah Agung untuk memperhitungkan uang yang dimilikinya sejak diserahkan ke petugas pajak.

Pemain asal Argentina yang berhasil mencetak 500 gol untuk Barcelona pada April 2017 dan pemenang FIFA Ballon d’Or sebagai pesepakbola terbaik dunia sebanyak lima kali ini harus kembali kepersidangan.

Messi bukanlah satu-satunya yang melibatkan bintang Barcelona dan pemerintah Spanyol. Bek Javier Mascherano  juga seorang Argentina yang mengaku melakukan penipuan pajak, dan lolos dari hukuman penjara dengan hukuman satu tahun.

 

Berita sebelumyaFinal Piala FA Bukan Pertandingan Terakhir Wenger
Berita berikutnyaBripda Ridho, Polisi Korban Bom Melayu Dimakamkan di Lampung