Baru 10% yang Lolos SKD, Kementrian PAN RB Kaji Ulang Passing Grade

0
18
Foto: sulteng.kemenag.go.id

Tes seleksi calon pegawan negeri sipil CPNS) tahap pertama yakni Seleksi Kempetensi Dasar (SKD) yang telah digelar diberbagai daerah menurut data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, tingkat kelulusan SKD peserta hanya 10 persen.

“Prinsipnya kelulusan tahun ini sudah sampai saat ini, baru masuk 60 persen. Jadi, kami segera antisipasi ketika dalam hasil tes dari 60 persen kelulusan pemerintahan daerah masih di bawah 10 persen. Jika di Pemerintah Pusat masih di antara kisaran 10 persen. Kalau kita bicara angka, tentu saja tidak akan memenuhi SKD,” ucap Deputi SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmadja di Jakarta ,Senin (12/11).

Setiawan menilai, banyaknya peserta yang gagal dalam kompetensi dasar, karena kesulitan menjawab soal SKD CPNS yang dibuat oleh 18 perguruan tinggi negeri.

“Tentu saja, nantinya kami ada sebuah kebijakan pastinya, misalnya bagaimana untuk akomodir teman-teman yang belum beruntung dari SKD (seleksi kompetisi dasar). Seperti apa diaturnya, apakah passing grade diturunkan, apa di-ranking-kan, kami cari jalan terbaik. Saat ini, kebijakannya bagaimana yang mengisi uji kompetisi bidang ini, harus terpenuhi tiga faktor dari kompetisi dasar,” kata Setiawan.

Selain itu, Setiawan juga mengatakan bahwa kementeriannya sedang membuat kebijakan baru terkait seleksi CPNS. Ia menegaskan, kebijakan tersebut tidak akan membuat rugi peserta yang sudah lulus dari kompetisi CPNS.

“Pada tahap ini sedang berlangsung, bagaimana rekan yang sudah lulus seleksi kompetisi dasar, supaya tidak terugikan apabila ada kebijakan baru. Tetapi, bahwa ada rekan yang tidak lulus, perlu dipertimbangkan dan jangan sampai terganggu dan bersaing dengan anak-anak dari kebijakan baru,” katanya.

Berita sebelumyaSandi Inginkan Kursi Menteri Diisi Generasi Milenial
Berita berikutnyaPertanyataan “Buta dan Budek” Ma’Aruf Amin Ganggu Kenyamanan Penyandang Disabilitas