Mendagri Akui Perannya dalam Kasus Korupsi Meikarta

0
22

Pengakuan Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasannah menyebut Menteri Dalam negeri Tjahjo Kumolo pernah memintanya untuk membantu memberikan perizinan proyek Meikarta. .

“Tjahjo Kumolo bilang kepada saya, ‘Tolong perizinan Meikarta dibantu’,” ujar Neneng dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung, Jawa Barat, Senin (14/1)

Terkait pengakuan tersebut, Tjahjo mengaku sudah memberikan penjelasan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan keterlibatan dirinya dalam kasus Meikarta. Kala itu, Tjahjo diwakilkan oleh Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Soemarsono.

“Sudah dijelaskan Dirjen Otda yang dipanggil KPK untuk memberikan kesaksian atas kewenangannya yang telah mempertemukan antara Pemda Jabar dan Pemkab Bekasi,” tutur Tjahjo, Senin (14/1).

Menurut Soemarsono kepada KPK atas nama Tjahjo bahwa segala perizinan merupakan kewenangan Pemkab Bekasi. Penjelasan Soemarsono kepada KPK juga sudah dilaporkan kepada Tjahjo.

Tjahjo menjelaskan bahwa Kemendagri memang selalu memberikan bimbingan jika ada pemerintah daerah yang ragu untuk memberikan perizinan. Salah satunya Pemkab Bekasi terkait perizinan Meikarta.

Berita sebelumyaPerusahaan Ojol Beri Kesempatan Kerja. Pemerintah: Terima kasih
Berita berikutnyaTahun 2018. Neraca Perdagangan Terburuk Sejak 1975