Sebut Harga Terkendali, Jokowi: Dipikir Saya Nggak Pernah Keluar-Masuk Pasar

0
12

Capres nomor urut 1 Presiden Joko Widodo blusukan ke pasar Surya Kencana, Bogor, Selasa (22/10) malam. Didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya, Jokowi tiba sekitar pukuk 22.00 WIB. Malam itu Jokowi ingin memastikan langsung harga bahan kebutuhan pokok di pasar.

Jokowi langsung menemui para pedagang di pasar dan menanyai harga. “Ini berapa cabai sekilo, Bu?” tanya Jokowi. “Rp 30 ribu, Pak. Sudah turun,” jawab salah satu pedagang.

Hampir sekitar 30 menit Jokowi berada di pasar dan mendatangi pedagang sayur bayam, tempe, dan tahu. Dia juga membeli sayur dan buah, seperti kemangi, tomat, alpukat, tempe, tahu, dan mangga.

Menurutnya kebutuhan pokok terjangkau dan terkendali di pasar tradisional. “Isu-isu bahan pokok naik. Ada yang datang ke pasar, harga bahan pokok naik. Inflasi biasanya 8-9 persen, sekarang inflasi di bawah 3,5 persen. Artinya, harga itu terkendali. Dipikir saya nggak pernah keluar-masuk pasar,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan dirinya mendengarkan setiap keluhan pedagang di pasar. Dia memberi contoh saat berkunjung ke salah satu pasar tradisional di Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

“Saya tanya pedagang. Saya mendengarkan keluhan. Kalau kita bisa mencari solusi, kita berikan. Terakhir saya masuk pasar di Semarang. Mbok-mbok saya tanya. Cabai agak naik (harganya). Tapi ya itu biasa harga cabai kadang naik, kadang turun,” lanjutnya. dalam sambutan di Kongres Wanita Katolik Republik Indonesia di Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/10).

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’aruf, Johnny G Plate mengatakan terdapat beberapa titik dan komunitas yang akan disambangi oleh Jokowi.

“Ada pasar, ada komunitas perempuan, komunitas milenial, ada pertemuan, dan perkumpulan daerah parpol calon anggota DPR, DPRD di seluruh Indonesia,” ujar Johnny di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/10)

Johnny menerangkan Jokowi akan mulai intens berkampanye dalam rangka transmisi program lebih lanjut ke masyarakat.

Berita sebelumyaMenikah dengan Irwan Mussry, Maia Ditemani Sang Ayah dan Ketiga Putranya
Berita berikutnyaDiminta Kooperatif dan Penuhi Panggilan KPK, Taufik Kurniawan: Akan Ikuti Proses Hukum