Taukah Apa Beda Kemasan Aki Merah dan Kemasan Aki Biru ? Simak Supaya Tidak Salah Beli

0
482

Ada dua macam aki, yaitu aki basah dan kering. Aki basah banyak dijual dpasaran dibanding aki kering. Salah satu ciri utama aki basah adalah air yang didalamnya akan menyusut berlahan-lahan. Supaya aki terjaga dengan baik, maka air tersebut kuwantitasnya harus dijaga.

Saat aki sudah diangka batas pemakaian minimum, maka sebaiknya air aki harus ditambah. Air aki bisa dapat diperoleh di took-toko atau bengkel otomotif. Maka perhatikan jenis kegunaan aki itu sendiri.

Di toko otomotif biasanya menyediakan dua cairan aki basah. Pertama cairan dengan bungkus merah, dan yang satunya bungkus biru. Perbedaan ini bukan tanpa sebab, tapi memang karena diperuntukkan kegunaannya, meski sama-sama untuk aki.

“Yang botol biru itu untuk menambah cairan aki yang sudah sedikit, yang merah untuk aki baru”, kata Syahrudin Advisor PT Astra Otoparts Tbk di Shop and Drive Kelapa Gading Jakarta Utara, Kamis (13/7) yang lalu.

Kedua cairan aki ini juga  berbeda zat yang dikandung didalamnya. Cairan yang kemasan merah biasanya disebut zuur. Kandungan didalamnya adalah sulfat (H2SO4) yang mengandug eletrolit yang dapat menghantarkan listrik. Cairan ini cukup berbahaya karena jika terkena kulit akan menimbulkan gatal-gatal.

Oleh karena zat yang dapat menyimpan dan menghantarkan listrik itulah aki jenis ini yang harus dipakai untuk aki pertama. Biasanya, masing-masing pabrik sudah punya formula H2S04-nya sendiri.

Dan kemasan biru dipakai untuk isi ulang atau menambah volume isi aki. Biasanya air aki kemasan biru ini pada dasarnya adalah air yang sudah didemineralisasi sehingga tidak mengandung logam sama sekali.

Walaupun berbeda isi yang terkandung didalamnya, soal harga tidak jauh beda yang ada dipasaran. (CPA)

Berita sebelumyaBocah Ini Rawat Ayahnya Yang Lumpuh, Bocah Ini Ingin Menjadi Dokter
Berita berikutnyaBerikut Bau Yang Ditimbulkan Oleh Anggota Badan Dapat Menunjukan Gejala Penyakit