8 Seri Windows ini Rawan Terkena Ransomware WanaCry

0
439

Virus jahat ransomware WannaCry yang tengah marak di dunia ini menyerang system operasi Windows buatan Microsoft dan telah membuat dunia usaha hingga rumah sakit lumpuh. Penyebarannya melalui koneksi internet dari satu komputer ke komputer lain.

Seperti dikutip dari halaman Microsoft Technet, virus ini mampu menyerang Windows dari mulai yang lawas hingga terbaru. Adapun daftar Windows yang rawan terserang virus ini ada delapan seri Widows dan 29 edisi.

Kedelapan seri Windows tersebut adalah Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows 8.1, Windows Server 2012, Windows 10, Windows Server 2012 R2, dan Windows Server 2016.

Selain itu, Microsoft juga merilis penangkal untuk system operasi lawas, yakni Wndows XP, Windows 8, dan Windows Server 2003. Penangkal untuk system operasi lawas ini dimuat dalam pembaruan keamanan edisi Maret 2017. Pembaruan ini semestinya telah dikirim ke komputer yang mengatur Windows Update.

Seperti diketahui, ransomware WannaCry menyerang system  Windows dengan memanfaatkan kelemahan pada protocol Server Message Block (SMB) milik Windows. SMB merupakan fitur yang memungkinkan sesame komputer berbagi data.

Awal penyebaran virus ini melalui email yang berisi informasi palsu (pishing), misal menyamar sebagai notifikasi transfer. Karenanya, diharapkan pengguna internet untuk lebih berhati-hati dalam interaksinya di dunia maya, terutama dalam membuka email atau menerima data dari seseorang yang tidak jelas asal usulnya. Selain itu, jangan lupa untuk mengaktifkan Windows Defender atau produk antivirus lainnya.

Berita sebelumyaVonis Ahok Bukti Hukum Tajam ke Atas
Berita berikutnyaMantan Menteri Perindustrian Tutup Usia