Begini Cara Kerja Ransomware Lumpuhkan Komputer Anda!

0
217

Internet merupakan media penyebaran virus yang sangat efektif. Sejak tahun 2005, ancaman di dunia cyber makin meningkat. Banyak virus dan malware tercipta untuk merusak data, salah satunya virus ransomware yang banyak diperbincangkan saat ini.

Ransomware merupakan sejenis malware yang memiliki kemampuan mengunci komputer atau mengenkripsi file untuk mengelabui sang pengguna. Tujuannya, untuk membuat pengguna memberi uang tebusan agar file yang tersandera dibebaskan. Lantas, tahukah Anda bagaimana cara kerja virus ransomware WannaCry ini?

Virus yang banyak ditemukan di Amerika Serikat ini, bekerja melalui empat cara. Pertama, ransomware melumpuhkan komputer Anda dengan mematikan sejumlah tools dan program yang terregistry. Lalu, ransomware akan menyerang keyboard serta mouse Anda, dan hanya menyisakan pad nomor yang aktif.

Setelah melumpuhkan program, keyboard, dan mouse, ransomware kemudian mengunduh dan menampilkan pesan peringatan yang berisi sebagai penegak hukum. Isi peringatan itu menyatakan, kalau pengguna telah mengakses konten illegal di internet. Barulah setelah itu pengguna diwajibkan membayar sejumlah uang untuk bisa mengakses komputernya kembali.

Virus ini bekerja pada komputer, perangkat mobile, dan server. Pada komputer, virus ini banyak ditemukan pada computer pribadi yang menggunakan system operasi windows. Sedangkan pada perangkat mobile, ransomware masih pada tahap percobaan pengembngan dimana para pelaku kejahatan dunia maya masih mengamati hasilnya terlebih dahulu. Untuk server, ransomware bekerja dengan cara melancarkan serangan distributed denial-of-service (DDoS).

Berita sebelumyaInilah Cara Menyiasati Serangan Ransomware!
Berita berikutnyaJokowi Hadiri KTT BRI di Cina