Samsung Membuat GPU Sendiri

0
232

Samsung memang salah satu perusahaan teknologi yang memiliki banyak inovasi di setiap produk baru yang diluncurkannya. Terkait inovasinya pada produk smartphone, beberapa tahun lalu Samsung sempat dikabarkan sedang membuat GPU buatan sendiri yang akan dihadirkan pada smartphone flagship Samsung di masa depan.

Walaupun saat peluncuran smartphone Samsung S8 nanti, Samsung belum menghadirkan GPU buatan mereka sendiri, baru baru ini Samsung dikabarkan kembali sedang mengembangkan GPU buatan mereka sendiri yang diberi nama S-GPU. S-GPU ini dikabarkan akan hadir pada SoC smartphone flagship Samsung tahun depan. Kabar ini muncul dari seorang leakster dengan nama akun Weibo @IceUniverse.Samsung-S-GPU-768×440-500×286

Sayangnya hingga saat ini belum ada informasi lebih detail terkait dengan S-GPU. Belum diketahui juga apakah Samsung akan membeli lisensi mobile GPU milik NVIDIA atau AMD. Beberapa pihak ada yang mengatakan Samsung mungkin akan membeli lisensi mobile GPU milik NVIDIA mengingat NVIDIA memiliki kualitas GPU yang baik pada produk mobile seperti SHIELD Tablet dan SHIELD TV.

Namun beberapa pihak ada yang mengatakan Samsung bisa jadi membeli lisensi mobile GPU milik AMD, mengingat GPU Adreno dari Qualcomm menggunakan paten GPU milik AMD. Walaupun begitu jika memang Samsung akan jadi membuat S-GPU dengan lisensi miliki entah AMD atau NVIDIA maka GPU Adreno dari Qualcomm akan memiliki competitor baru.

Samsung sudah membuat core kustom sendiri untuk chipset Exynos. Chipset Exynos 8895 yang hadir di Galaxy S8 dan S8+ terdiri dari quad-core kustom CPU generasi kedua dan quad-core Cortex-A53 yang hemat daya. Samsung melisensikan ARMv8 ISA dari ARM untuk merancang dan membangun mikro-arsitektur untuk core kustom dari awal. Sayangnya belum banyak informasi yang diketahui dari S-GPU, jadi kita nantikan saja kabar selanjutnya dari GPU buatan Samsung itu.

Berita sebelumyaQatar Membantah Tudingan Arab Cs Terkait Daftar Teroris Yang Diliris
Berita berikutnyaSebelum Meninggal Dunia, Remaja Ini Ramalkan Kematiannya Melalui Status Di Facebook