Menkominfo: Facebook Kapan Mau Bayar Pajak?

0
115
Menkominfo Rudiantara usai bertemu dengan perwakilan Facebook Asia-Pasifik di Kantor Kemenkominfo di Jakarta. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menerima kedatangan perwakilan Facebook yang hadir berkunjung ke Indonesia. Perwakilan Facebook yang berkunjung ke Indonesia yakni Wakil Presiden Bidang Kebijakan Publikasi Facebook Asia-Pasifik, Simon Milner. Kedatangannya disambut baik Menteri Kominfo Rudiantara.

Keduanya membahas skandal kebocoran data yang menimpa Facebook. Selain itu juga membahas komitmen Facebook dalam memastikan Facebook bebas dari berbagai konten negatif yang berpotensi membahayakan penggunanya.

Menariknya lagi, dalam pertemuan tersebut, Rudiantara menyoroti kontribusi Facebook dalam urusan pajak di tanah air. Rudiantara mempertanyakan tentang skema bisnis mereka di Indonesia. “Orang lain sudah bayar pajak, bikin PT di Indonesia, Tapi kok Anda (Facebook) belum,” kata Rudiantara menirukan ucapannya dengan Facebook.

“Saya juga tanya, model bisnis Anda (Facebook) di Indonesia seperti apa? Kapan ini mau bayar pajak,” kata Rudiantara.

Facebook di Indonesia sendiri diketahui telah memiliki kantor perwakilan yang terletak di sebuah gedung di Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Facebook juga sempat menyebut bahwa mereka sudah menjadi Badan Usaha Tetap (BUT). Kendati begitu, Rudiantara menyebut hadirnya kantor operasional Facebook di Indonesia bukan ukuran resmi Facebook harus membayar pajak.

“kantor Facebook Indonesia tersebut masih berupa perusahaan layanan (service company). Itu kan tidak mengurusi bisnis. Jika begitu, artinya Facebook belum secara resmi membayar pajak pendapatan ke kita,” kata pria yang akrab disapa Chief RA itu.

Rudiantara juga meminta Facebook di Indonesia mengubah skema bisnisnya. Hal tersebut guna menangani tiga hal penting. Pertama soal customer service, lalu hak dan kewajiban hukum, serta masalah fiskal. Kemenkominfo meminta Facebook mengubah skema bisnisnya agar segera menunaikan kewajiban pajaknya.

Ketika ditanya awak media soal bagaimana respons Facebook ketika ditanya soal pajak oleh Kemenkominfo. Rudiantara menjelaskan bahwa Facebook menanggapi pertanyaan tersebut hanya dengan senyuman saja, tanpa banyak bicara. “Ketawa-ketawa saja dia waktu ditanya begitu, nggak banyak omong,” pungkas Rudiantara.

Sumber: Jawapos.com

Berita sebelumyaResmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A6 dan A6+
Berita berikutnyaT-Cash dan Rumah Zakat Kenalkan Program Ramadhan Berdaya