Siap-siap, Sebentar Lagi Apple Punya Perangkat VR dan AR Sendiri

0
95
Ilustrasi : Penggunaan perangkat Virtual Reality (VR). (Brookstone)

Desas-desus Apple berencana memiliki perangkat teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) secara mandiri semakin nyata. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah sumber yang dekat dengan Apple.

Seperti dilansir dari laman TheVerge, Sabtu (28/4), perangkat VR dan AR besutan Apple dilaporkan akan tiba pada tahun 2020 mendatang. VR dan AR yang dibuat Apple, konon katanya akan menggabungkan kedua teknologi dan ke dalamnya disematkan chip milik mereka sendiri.

Perangkat kombinasi VR dan AR dari Appke ini diklaim menggambarkan headsetimpian dengan teknologi yang tidak ada sejauh ini di pasar. Sumbernya mengatakan bahwa akan ada tampilan dengan resolusi sebesar 8K untuk setiap mata.

Ilustrasi : Logo Apple.
Ilustrasi : Logo Apple. (Pulse)

Tidak sampai disitu, perangkat headset ini juga disebut akan memiliki kamera yang mendeteksi sekelilingnya. Perangkat tersebut nantinya akan terhubung ke kotak khusus melalui teknologi nirkabel berkecepatan tinggi. Teknologi tersebut bernama 60GHz WiGig.

Soal prosesornya, beredar kabar bahwa Apple akan menggunakan prosesor yang belum pernah ada di pasaran saat ini.  Apple disebut akan menggunakan prosesor custom di boks khusus pendukung perangkat  VR dan AR nya itu. Prosesornya disebut akan sama dengan yang akan mereka pakai di perangkat Mac masa depan.

Hadirnya teknologi nirkabel pada perangkat tersebut, boleh dibilang merupakan gagasan yang revolusioner. Sebab, perangkat VR yang kebanyakan beredar saat ini. Untuk yang paling canggih pun masih dibutuhkan kabel-kabel yang menjutai untuk mendukung kinerjanya.

Jika laporan tersebut dapat dipercaya, terkait dengan menggunakan teknologi baru, Apple akan dapat membuat headset dan kotak nirkabel yang dapat menyelesaikan masalah utama pasar VR saat ini karena terlalu banyak kabel.

Namun untuk membuktikan kecanggihannya, masih diperlukan waktu setidaknya 2 tahun lagi untuk benar-benar melihat perangkat itu meluncur pada tahun 2020 mendatang.

Sumber: Jawapos.com

Berita sebelumyaMeriahkan Avanger: Infinity War, Samsung Rilis A8 Plus Edisi Terbatas
Berita berikutnyaPengembang Teknologi Autopilot Tesla Hengkang Ke Intel, Kenapa?