Rupiah Terpuruk, Xiaomi Naikkan Harga Redmi 5A

0
228
Xiaomi Redmi 5A (Teguh Kautsar/JawaPos.com)

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) dalam beberapa hari terakhir terus melemah. Berdasarkan Kurs referensi atau Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) per tanggal 24 April 2018 berada pada posisi Rp 13.900 per USD. Namun, pagi ini rupiah terapresiasi 12 poin menjadi Rp 13.888 per USD.

Anjloknya rupiah membuat sejumlah perusahaan melakukan penyesuaian bisnisnya. Salah satunya Xiaomi. Mereka mengumumkan akan menaikkan harga smartphone Redmi 5A. Pantauan JawaPos.com, pengumuman itu dilakukan melalui halaman Facebook resmi Xiaomi Indonesia.

Saat diluncurkan pertama kali di Indonesia pada Desember 2017, smartphone asal Tiongkok itu menjualnya seharga Rp 999 ribu. Namun seiring melemahnya rupiah, Xiaomi melakukan penyesuaian harga menjadi Rp 1,099 juta. Harga ini akan mulai berlaku sejak Kamis (26/4) besok.

Xiaomi Redmi 5A
Pengumuman kenaikkan harga smartphone Xiaomi Redmi 5A (Facebook Xiaomi Indonesia)

Pengumuman tersebut banyak membuat Mi Fans (sebutan fans Xiaomi, red) kecewa. Seperti akun Mizan Alfariz yang menilai kenaikan tersebut seharusnya juga berlaku pada seluruh jenis smartphone keluaran Xiaomi.

“Mimin panik, seharusnya kalau ada perubahan nilai mata uang kenapa yang naik cuman Redmi 5A? Buat bayar endless ya?,” kata dia di akun Facebook-nya.

Sementara itu akun Rizka Nugroho baru kali ini melihat ada harga smartphone yang justru mengalami kenaikan harga. Umumnya, harga smartphone yang sudah beberapa bulan diluncurkan akan dijual lebih murah.

“Baru kali ini ada harga HP naik,” tuturnya.

Sumber: Jawapos.com

Berita sebelumyaPonsel Tiga Kamera Huawei P20 Pro Segera Masuk Indonesia, Harganya?
Berita berikutnyaPengemudi Minta Tarif Naik, Begini Jawaban Grab dan Gojek