Apple Dan Nokia Berteman

6
197

Perusahan smarphone terkenal Apple dan Nokia resmi bekerja sama setelah sebelummnya terlibat perselisihan terkait hak paten.

Kedua perusahaan tersebut mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka “menyelesaikan semua tuntutan hukum sehubungan dengan perselisihan kekayaan intelektual mereka dan menyetujui sebuah lisensi paten multi-tahun.”

Tuntutan hukum yang dimaksud adalah dari Desember 2016, ketika Nokia menggugat Apple di Amerika Serikat dan Jerman, menuduh 32 jenis pelanggaran hak paten. Nokia mengklaim Apple menggunakan banyak teknologi di iPhone yang dikembangkan Nokia, seperti user interface dan perangkat mobile display.

Kini, berkat penyelesaian, Nokia akan mendapatkan sejumlah uang tunai dari Apple serta tambahan pendapatan karena kesepakatan tersebut berjalan dengan sendirinya. Juga, “produk kesehatan digital” Nokia akan muncul di toko Apple, dan keduanya mencoba untuk mencari tahu bagaimana bekerja sama dalam “inisiatif kesehatan digital”.

“Ini adalah kesepakatan yang berarti antara Nokia dan Apple,” Maria Varsellona, pejabat hukum Nokia.

Maria juga mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposkan secara online.

“Ini menggerakkan hubungan kami dengan Apple dari menjadi lawan di pengadilan hingga menjadi mitra bisnis yang bekerja untuk kepentingan pelanggan kami.”

Penyelesaian ini bukan kali pertama Apple dan Nokia telah membahas hak paten. Paten paten Nokia Apple pada tahun 2011, namun perusahaan tersebut menolak tawaran lisensi dari Nokia di tahun-tahun berikutnya. Bahkan setelah penawaran lisensi Nokia ditolak, Nokia mengatakan bahwa banyak produk Apple menggunakan yang telah dipatenkan oleh Nokia.

Berita sebelumyaPencurian Vitamin Senilai Rp 21 Juta Akhirnya Terungkap!
Berita berikutnyaAmien Rais Tersangkut Kasus Korupsi Alkes 2005, Sang Putri Menuliskan Ini Di Akun Sosialnya

Comments are closed.