Files Go, Aplikasi Google Atasi Smartphone Hang Akibat ‘Ucapan Selamat Pagi’

0
239
Files Go (MobileAppDaily)

Berkabar.ID – Memberikan ucapan selamat pagi kepada teman, sahabat ataupun keluarga yang jauh memang merupakan hal yang baik. Hal ini ternyata sering dilakukan oleh masyarakat India untuk mengawali hari. Dan setiap pagi mereka selalu melakukannya melalui WhatsApp.

Hampir puluhan juta akun whatsApp aktif di India. Kebiasaan unik ini seakan menjadi ciri khas warga India, tapi ternyata kebiasan ini juga berdampak buruk untuk ponsel-ponsel Andorid low-end berspesifikasi rendah. Cukup diketahui jika ponsel tersebut memang banyak dipakai penguna WhatsApp di India.

Bukan hanya tulisan saja, ucapan selamat pagi tersebut biasanya disertai dengan aneka gambar ataupun video pendek. Hal itu sebagaimana diketahui dari The Wall Street Journal yang pernah menuliskan kebiasaan masyarakat India ini.

Bayangkan saja, seandainya mempunyai duapuluh orang kawan dan semua mengirimkan ucapan selamat pagi, maka akan dipastikan ponsel Android yang berkapasitas kecil sering lemot bahkan hang. Belum lagi file multimedia itu terkadang berukuran besar.

Google selaku pemilik Android pun sempat pusing mencari tahu kenapa ada banyak ponsel Android yang hang di India. Raksasa internet itu lantas coba menyediakan solusi berupa aplikasi bernama Files Go yang diluncurkan di New Delhi pada Desember 2017 lalu.

Files Go adalah aplikasi untuk mencari file tak terpakai yang bisa dihapus untuk membebaskan ruang penyimpanan di memori, khususnya aneka file pesan selamat pagi yang menumpuk di ponsel bagi masyarakat India.

Hingga kini, aplikasi Files Go sudah diunduh sebanyak 10 juta kali dan sebagian besar oleh pengguna di India. Google mengatakan Files Go rata-rata berhasil membebaskan ruang penyimpanan sebesar 1 GB per pengguna.

Dikutip dari The Wall Street Journal, Kamis (24/1) Google mencatat bahwa dalam lima tahun terakhir pencarian terkait “gambar selamat pagi” di India meningkat sebanyak 10 kali lipat.

Dan lebih mengejutkan lagi, demam mengirimkan pesan selamat pagi ini pun menjangkiti Perdana Menteri Narendra Modi. Tiap bangun pada pukul 05.00 untuk yoga, Modi rutin mengirim ucapan selamat pagi. Tahun lalu dia sempat diberitakan menegur para kolega yang tak membalas ucapannya itu.

Berita sebelumyaDua Produk Sido Muncul Meluncur Lagi di Pasar Luar Negeri
Berita berikutnyaZidane Masih Percaya Dengan Skuat Muda Madrid