Ada Keylogger di Ratusan Laptop HP?

0
211
Laptop HP Terdetek Ada Perangkat Luna Keylogger (Foto: Istimewa)
Laptop HP Terdetek Ada Perangkat Luna Keylogger (Foto: Istimewa)

Berkabar.ID – Seorang peneliti kemanan bernama Michael Myng telah menemukan sebuah perangkat lunak berjenis Keylogger yang aktif tersimpan di dalam 460 jenis laptop Hewlett Packard (HP).

Definisi sederhana Keylogger adalah program yang sengaja diciptakan untuk merekam atau mengintai setiap ketikan yang dilakukan pada sebuah keyboard. Jadi jika Anda sedang mengetik data rahasia yang seharusnya disimpan pada perangkat rahasia juga, maka data tersebut akan terekam otomatis oleh Keylogger. Tentu saja hal itu akan sangat berisiko data dapat tersebar luas.

Dikutip dari BBC, Rabu (13/12) menurut Michael Myng, Keylogger tersebut memang tak langsung aktif. Namun tetap saja akan mengganggu privasi penggunanya ketika ada orang jahat yang mempunyai akses fisik ke laptop tersebut.

Keylogger ini disembunyikan dalam driver keyboard SynTP.sys yang tak sengaja dibuka oleh Myng saat ia sedang mencari pengaturan backlight keyboard di sebuah laptop HP.

“Beberapa waktu lalu seseorang bertanya kepada saya apakah saya bisa mengetahui bagaimana cara mengendalikan lampu latar laptop HP,” tulis Myng. Ia kemudian meminta driver keyboard SynTP.sys, membukanya di IDA, dan setelah beberapa kali browsing melihat beberapa string yang menarik baginya.

Ia mengaku senar tersebut mengarah pada sesuatu yang tampaknya merupakan perangkat lunak Keylogger yang tersembunyi. Sebuah program yang mengirimkan karakter yang diketik ke penyerang di driver perangkat Synaptics.

Dalam penemuannya itu, ia melihat data kode yang telah diubah dan disiapkan untuk mengirim penekanan tombol ke sasaran yang tidak disebutkan namanya, Myng yakin penemuannya itu cukup menarik.

Sementara itu, beruntungnya pihak HP sendiri merespon dengan cepat sehingga penemuan Myng ini bisa ditangani secara tepat. Ketika Myng memberi tahu masalah ini ke HP, pabrikan itu langsung mengkonfirmasi masalah ini, yang ternyata sebenarnya adalah sebuah debug trace dan merilis pembaruan software yang akan menghapus Keylogger itu.

“Saya mencoba mencari laptop HP untuk disewa dan menanyakan beberapa komunitas tentang hal itu namun hampir tidak ada jawaban,” katanya.

“Saya mengirimkan HP tentang temuan itu. Mereka menjawab dengan sangat cepat, mengkonfirmasi adanya keylogger (yang sebenarnya adalah jejak debug) dan merilis sebuah update yang menghilangkan jejaknya,” ungkap Myng.

Pihak HP sendiri telah mengakui kehadiran Keylogger dalam pemberitahuan keamanan pada tanggal 7 November itu memang ada. Masalah tersebut adalah masalah kedua kalinya pada tahun ini, sebelumnya masalah Keylogger telah ditemukan di driver audio notebook HP pada bulan Mei lalu.

Berita sebelumyaPrediksi Trafik Data Pengguna Naik 31%, Telkomsel Lakukan Langkah Antisipasi
Berita berikutnyaMenakar Peluang Juve-Roma di Fase Knock-Out Liga Champion 2017/18