Samsung Luncurkan Baterai, Mengisi Daya Super Cepat Hanya 12 Menit

0
186

Berkabar.id – Baterai menjadi salah satu komponen penting di smartphone. Ada dua hal yang kini paling dipertimbangkan oleh calon pembeli, yakni kecepatan pengisian dan daya tahan baterai. Karena itulah kemudian Samsung terus mengembangkan perangkatnya dengan kemampuan pengisian daya yang super cepat.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini baru saja mengumumkan bahwa mereka telah menemukan teknologi baterai tipe baru yang dapat mengisi daya dengan waktu yang sangat cepat.

Dilansir Berkabar.id dari laman ZDNet, Samsung Advanced Institue of Technology (SAIT) mengatakan bahwa baterai lithium-ion saat ini membutuhkan waktu satu jam untuk mengisi penuh. Tapi kini, mereka berhasil menciptakan baterai yang dapat terisi penuh dalam waktu 12 menit saja.

Para peneliti di SAIT mengatakan waktu pengisian daya yang sangat cepat itu dapat mereka capai dengan cara melakukan proses sintetis terhadap grafena. Grafena sendiri merupakan alotrop karbon, yang terdapat di dalam baterai berteknologi Lithium-Ion.

Grafena yang tadinya berbentuk lembaran atom karbon disintesis menggunakan materi silika, sehingga berubah bentuk menjadi bola. Bola grafena ini kemudian digunakan sebagai bahan anoda dan katoda pada baterai lithium-ion.

Bukan dari sisi pengisian daya saja, namun dengan teknologi ini, daya tahan dari sebuah baterai pun akan meingkat secara drastis. Tentu saja, hal ini akan menjadi warna baru dalam dunia teknologi smartphone.

Sebagai informasi, baterai Lithium-Ion sendiri telah ditemukan semenjak 1991 silam, dan menjadi salah satu standar bagi sumber daya perangkat elektronik. Namun sayang, teknologi ini tidak memiliki banyak perubahan, tentunya hingga saat ini.

Pihak SAIT sendiri masih enggan memberi tahu kapan teknologi baru ini akan tersedia bagi masyarakat umum. Yang pasti, teknologi ini sangat ditunggu-tunggu kehadirannya oleh seluruh pengguna smartphone.

 

Berita sebelumyaAkibat Banjir, Beberapa Jenazah di Makam Jolok Bantul Hilang
Berita berikutnyaGara-gara Memakai Kaos Kaki Bau, Pria India Ditahan