NASA Berikan Kemungkinan Pluto Akan Jadi Tempat Tinggal Manusia

0
294

Berkabar.id – Sistem tata surya kita mungkin menyimpan banyak dunia yang berpotensi dihuni daripada yang dipikirkan ilmuwan. Lautan air masih bisa berupa cair di bawah kerak dingin dari dunia yang dingin dan jauh, seperti planet kerdil Pluto dan Eris, yang tetap cair oleh tarikan panas dari bulan yang mengorbit, menurut sebuah studi baru.

“Benda-benda ini perlu dianggap sebagai waduk potensial air dan kehidupan. Jika penelitian kami benar, sekarang kita mungkin memiliki lebih banyak tempat di tata surya kita yang memiliki beberapa elemen penting untuk kehidupan di luar bumi,” kata pemimpin penulis Prabal Saxena, dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland, dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari laman Daily Mail, Sabtu (2/12/2017).

Lautan bawah laut diketahui, atau diduga kuat, ada di sejumlah dunia es, termasuk satelit Saturnus Titan dan Enceladus dan bulan Jovian Europa, Callisto dan Ganymede. Lautan ini tetap cair sampai hari ini. Tarik gravitasi yang kuat dari planet induk raksasa dunia ini membentang dan melenturkan interiornya, menghasilkan panas melalui gesekan.

Studi baru menunjukkan sesuatu yang serupa mungkin terjadi dengan Pluto, Eris dan benda-benda trans-Neptunian lainnya (TNO).

Banyak bulan di sekitar TNO diperkirakan telah bersatu dari bahan yang meledak ke angkasa. Itulah cerita asal yang dirasakan untuk satu satelit Eris yang dikenal (disebut Dysnomia) dan untuk lima bulan Pluto (dan juga untuk bulan Bumi).

Bulan yang dihasilkan dari dampak seperti itu umumnya memulai hidup mereka dalam orbit yang relatif kacau, kata anggota tim studi baru tersebut. Namun seiring waktu, bulan-bulan ini bermigrasi ke orbit yang lebih stabil, dan karena ini terjadi, satelit dan TNO saling tarik-menarik dengan gravitasi, menghasilkan panas pasang surut.

Saxena dan rekan-rekannya mencontohkan sejauh mana pemanasan ini bisa menghangatkan interior TNO dan para peneliti mendapat beberapa hasil yang menarik.

“Kami menemukan bahwa pemanasan pasang surut dapat menjadi titik kritis yang mungkin telah menjaga samudra air cair di bawah permukaan TNO besar, seperti Pluto dan Eris sampai sekarang,” kata rekan penulis studi Wade Henning, dari Goddard NASA dan University of Maryland.

Berita sebelumyaGaruda Delay, Raisa Lakukan Ini Di Bandara