Kebiasaan yang Bisa Merusak Handphone

0
411

Untuk pengguna Smartphone mungkin banyak kebiasan-kebiasan yang kita anggap biasa aja tapi banyak yang kita tidak ketahui bahwa kebiasan ini bisa berakibat fatal.

Berbagai perangkat termasuk teknologi pastinya mempunyai masa hidup tertentu. Apabila dipakai dengan kebiasaan yang buruk, ponsel pasti berpotensi mengalami kerusakan dengan cepat.

Untuk mengatasinya, pengguna harus mengenali kebiasaan yang bisa mengancam ponsel. Berikut merupakan kebiasaan yang bisa mengancam ponsel.

Mengisi daya ponsel semalaman

Kebiasaan mengisi daya ponsel sebelum tidur memang selalu terjadi, biasanya hal tersebut dilakukan oleh pengguna yang sering mempunyai aktivitas pada pagi hari.

Tindakan seperti ini jelas tak dibenarkan. Karena bakal membuat kebocoran baterai dalam jangka panjang. Bahkan, baterai bisa menggelembung.

Penggunaan ponsel pada ruangan panas dan terkena sinar matahari

Ruangan yang menembus sinar matahari bisa meningkatkan suhu ruangan dan mempengaruhi panasnya ponsel. Jadi lebih baik hindari smartphone dari sinar matahari langsung, sebab bisa membuat baterai ponsel lebih panas ketika digunakan.

Memakai jaringan 4G LTE

Selain bisa menguras baterai, penggunaan mode 4G juga akan sangat mempengaruhi tingkat panasnya ponsel itu sendiri. Sebaiknya, apabila tak dalam keadaan yang sibuk, pakailah mode 3G saja, supaya menghemat baterai dan tak menyebabkan ponsel cepat panas.

Penggunaan ponsel ketika hujan di luar ruangan

Sebagian orang akan berpikir setetes air hujan tak bakal mempengaruhi apapun untuk smartphone, namun komponen air dan listrik bukanlah sesuatu yang baik.

Dimainkan pada saat melakukan isi daya

Tindakan ini yang paling berbahaya, karena proses pengisian daya baterai mampu menimbulkan energi panas pada ponsel. Ketika men-charnging ponsel, sebaiknya jangan menggunakannya misalnya bermain game, menelpon, dan lain-lain. Karena ketika mengisi daya, panas ponsel akan meningkat dan bakal menyebabkan drop.

Memakai kabel pengisi daya yang tak resmi

Janganlah sembarangan memakai kabel charger yang bukan dari bawaan pabrik. Walaupun charger merek lain memiliki ukuran yang sama dan bisa digunakan pada ponsel, namun daya output yang dihasilkan tentunya sudah berbeda.

Hal tersebut mengakibatkan usia baterai berkurang dan bisa mengakibatkan baterai terbakar.

Berita sebelumyaTemuan Dokumen Rahasia Milik Militer AS
Berita berikutnyaTernyata Ini yang Bikin Tubuh Seksi Aura Kasih Memar-memar